Comscore Tracker

Tak Ada Progres Penanganan Sampah, Jokowi Tegur Kepala Daerah

Jokowi minta segera ada solusinya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) terkait perkembangan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) bersama menteri Kabinet Kerja. Sejumlah kepala daerah juga hadir dalam rapat.

Dalam pembukaan rapat, Jokowi mengingatkan kepada kepala daerah agar segera menuntaskan permasalahan sampah di daerahnya masing-masing.

1. Pembahasan penanganan sampah tak kunjung selesai

Tak Ada Progres Penanganan Sampah, Jokowi Tegur Kepala DaerahIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengingatkan ratas yang membahas tentang pengolahan sampah sudah dilakukan selama enam kali, sejak ia menjadi wali kota Solo. Menurut dia, masalah sampah harus segera diselesaikan.

"Saya ngomong apa adanya. Urusan sampah ini juga sudah ingin kita selesaikan, ingin kita kerjakan. Jadi gubernur juga sama, tapi sampai sekarang, sampai hari ini saya belum mendengar ada progres yang sudah nyala dan jadi," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (16/7).

Baca Juga: 5 Alasan Ide Buang Sampah ke Kawah Gunung Berapi Berbahaya

2. Jokowi meminta laporan perkembangan pengelolaan sampah

Tak Ada Progres Penanganan Sampah, Jokowi Tegur Kepala DaerahIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengaku hingga kini belum mendapat progres laporan soal pengelolaan sampah.

"Moga-moga siang hari ini saya mendapatkan laporan bahwa ada salah satu atau salah dua yang sudah selesai. Tapi laporan terakhir yang saya terima belum," kata dia.

3. Jokowi minta ditemukan masalah utama lambannya pengolahan sampah

Tak Ada Progres Penanganan Sampah, Jokowi Tegur Kepala DaerahIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi juga meminta agar kepala daerah segera menemukan masalah utama yang menjadi kendala pengelolaan sampah. Sehingga ia dapat mengambil kebijakan untuk solusi masalah ini ke depan.

"Jadi masalahnya apa? Ada yang menyampaikan 'PLN-nya Pak yang lamban'. PLN ada? Tinggal nanti langsung saya perintah," ucap mantan Wali Kota Solo itu.

"Ada yang menyampaikan di ESDM-nya belum beres. Menterinya ada. Sudah, kita selesaikan sore hari ini. Ini bukan urusan listriknya. Yang mau kita selesaikan ini urusan sampahnya. Listrik itu adalah ikutannya," kata Jokowi, melanjutkan.

4. Jokowi ingin kepala daerah segera mencari solusi terkait permasalahan sampah

Tak Ada Progres Penanganan Sampah, Jokowi Tegur Kepala DaerahANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi pun mengingatkan Indonesia masuk ke posisi nomor dua permasalahan sampah. Karena itu, dia meminta sore hari ini harus menemukan solusi terkait pengolahan sampah.

"Saya ingin betul-betul ada sebuah solusi sore hari ini. Problem-nya ada di mana, langsung, dan waktu saya berikan kepada wali kota, gubernur, bupati yang hadir. Langsung to the point aja masalahnya ini. Gak usah cerita terlalu panjang," kata dia.

Baca Juga: Kabar Gembira! Dengan Pilah Sampah, Warga Jabar Bisa Dapat Emas

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You