Terkait Aksi 22 Mei, Moeldoko: Kita Yakini Semuanya Aman

Pemerintah sudah siapkan pengamanan pada 22 Mei 2019

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut, pemerintah telah mengerahkan keamanan jelang pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia yakin, kondisi nanti tensinya tidak akan sebesar yang digembar-gemborkan selama ini.

Moeldoko mengatakan, pemerintah juga telah menyiapkan pengamanan di beberapa objek vital ibu kota. Sehingga, ia memastikan, situasi akan aman pada 22 Mei mendatang.

"Kita yakini bahwa semuanya aman," kata Moeldoko di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Senin (20/5).

Baca Juga: BPN Ungkap Kecurangan Pemilu, Moeldoko: Masyarakat Jangan Terpancing

1. Moeldoko sebut situasi saat ini sudah mereda

Terkait Aksi 22 Mei, Moeldoko: Kita Yakini Semuanya AmanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait isu-isu di tanggal 22 Mei, Moeldoko meyakini tidak akan terjadi kerusuhan. Alasannya, melihat situasi yang ada sekarang, sudah tidak lagi sepanas beberapa minggu lalu usai pencoblosan pemilu.

"Kalau analisa dari waktu ke waktu kita, mudah-mudahan situasi itu sudah mereda," ujar Moeldoko.

2. Masyarakat dari luar daerah tidak akan banyak datang ke Jakarta

Terkait Aksi 22 Mei, Moeldoko: Kita Yakini Semuanya AmanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Moeldoko yakin pada 22 Mei mendatang tidak akan terjadi kerusuhan, salah satunya karena upaya pemerintah daerah yang telah memberikan pengertian kepada masyarakat. Sebelumnya, pemerintah juga telah mengimbau agar masyarakat di luar Jakarta tidak perlu berbondong-bondong ke ibu kota untuk melakukan aksi.

"Kita memang ada yang datang secara sporadis ke Jakarta, memang ada. Tetapi saya yakin jumlahnya tidak seperti yang digembar-gemborkan selama ini," terang Moeldoko.

3. Pemerintah sudah siapkan keamanan di beberapa tempat

Terkait Aksi 22 Mei, Moeldoko: Kita Yakini Semuanya AmanIDNTimes/Abdurrahman

Pengamanan juga sudah disiapkan oleh pemerintah di beberapa objek vital ibu kota. Karena itu, Moeldoko menjamin pada 22 Mei, ibu kota akan aman.

"Terhadap 4 sasaran yang akan dijadikan objek mereka, kita sudah menyiapkan dengan sebaik-baiknya, bahkan terhadap objek-objek vital, daerah perdagangan, daerah-daerah sentra media, TV, radio juga sudah kita jaga dengan baik," jelas dia.

4. Moeldoko minta masyarakat serahkan semuanya kepada proses hukum yang berlaku

Terkait Aksi 22 Mei, Moeldoko: Kita Yakini Semuanya AmanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Moeldoko pun berharap agar masyarakat sadar untuk menyerahkan semuanya kepada proses hukum yang berlaku. Harapan ini ia sampaikan agar kerumunan massa tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu.

"Karena kalau tidak nanti mengundang, situasi itu mengundang pihak-pihak tertentu yang sering kita dengar ada kelompok teroris, kelompok-kelompok lain yang ingin memanfaatkan situasi," ucapnya.

Baca Juga: Moeldoko: Ada yang Akan Memanfaatkan Bila Terjadi Pengumpulan Massa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya