Ruas Jalan Tergenang di Jakarta Bertambah, Ini Rinciannya

Diakibatkan curah hujan tinggi

Jakarta, IDN Times - Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (3/4/2024) menyebabkan peningkatan status Pos Pantau Pesanggrahan menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Pantau Sunter Hulu menjadi Siaga 2 (Siaga), dan Pos Pantau Angke Hulu juga menjadi Siaga 3 (Waspada). 

Selain itu, terjadi genangan di berbagai lokasi DKI Jakarta. Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jumlah genangan meningkat dari 7 ruas jalan menjadi 8 ruas jalan, dan melibatkan 13 RT atau 0,042 persen dari total 30.772 RT di wilayah DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” tulis BPBD dalam keterangannya.

Di Jakarta Barat, terdapat 2 RT yang terendam, terdiri dari Kelurahan Sukabumi Selatan dengan ketinggian genangan mencapai 80 cm disebabkan oleh curah hujan tinggi.

Di Jakarta Selatan, ada 9 RT yang terkena dampak, dengan Kelurahan Cilandak Barat memiliki 2 RT tergenang dengan ketinggian 70 cm akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut. Sementara itu, di Kelurahan Lebak Bulus terdapat 1 RT terendam dengan ketinggian 60 cm karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Grogol. Kelurahan Lenteng Agung, Petogogan, Cilandak Timur, Kebagusan, dan Ragunan masing-masing memiliki 1 RT terendam dengan ketinggian beragam antara 40 cm hingga 175 cm disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut.

Di Jakarta Timur, ada 2 RT yang terdampak, yaitu di Kelurahan Lubang Buaya dengan ketinggian genangan 70 cm karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Molek, serta di Kelurahan Baru dengan ketinggian 50 cm karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Cijantung.

Selain itu, terdapat 8 ruas jalan yang tergenang, termasuk Jalan Harun Raya di Kelurahan Sukabumi Utara dengan ketinggian 10 cm, Jalan Daud Raya di Kelurahan Sukabumi Utara dengan ketinggian 30 cm, Jalan Ciledug Raya di Kelurahan Cipulir dengan ketinggian 10 cm, Jalan Kemang Utara IX di Kelurahan Duren Tiga dan Bangka dengan ketinggian masing-masing 60 cm, Jalan Raya Mabes Hankam di Kelurahan Bambu Apus dengan ketinggian 70 cm, Jalan Pengantin Ali di Kelurahan Ciracas dengan ketinggian 10 cm, dan Jalan Raya Bogor KM 19 di Kelurahan Kramat Jati dengan ketinggian 20 cm.

Sementara itu, wilayah Kelurahan Lebak Bulus sudah mengalami surut dengan 1 RT yang sebelumnya terdampak.

“BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” tambah BPBD DKI Jakarta.

Baca Juga: 5 RT dan 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang Banjir Imbas Hujan Deras

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya