Anies: 5.000 Orang Hadiri Soft Launching JIS, Ini Sebuah Babak Baru

Soft launching menandai lahirnya era Stadion JIS

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melakukan soft lauching Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (19/4/2022). Anies mengatakan, respons dan antusiasme masyarakat tinggi menyambut stadion megah di utara Jakarta itu.

“Respons dari penonton, masyarakat luar biasa, antusias tinggi dan ada sekitar 5.000 orang yang nonton di dalam kapasitas 82.000, ini adalah sebuah babak baru,” kata Anies kepada wartawan, sesaat setelah melakukan softlaunching.

Anies mengatakan, seremoni soft launching menandai babak baru era JIS. Jakarta International Stadium mulai dibangun konstruksinya sejak 2019. Setelahnya, JIS memasuki era pemanfaatan. 

“Kemarin babak konstruksi dan sekarang adalah babak pemanfaatan,” tutur dia.

Baca Juga: Soft Lauching JIS, Gubernur Anies Kutip Pidato Bung Karno 

1. Anies sebut penonton tertib dan rapi

Anies: 5.000 Orang Hadiri Soft Launching JIS, Ini Sebuah Babak BaruGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam Welcome Dinner International Youth Championship, Selasa (12/4/2022). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengaku senang melihat 5.000 orang yang hadir di JIS malam tadi, tertib dan rapi. Dia menyebut, kualitas penonton juga harus setara dengan kualitas stadion.

“Penonton yang tertib, rapi, yang kira-kira nya menyetarai kualitas stadion, sehingga kami berharap ini menjadi suatu tempat di mana kami semua merasakan sesuatu yang membanggakan,” ujarnya.

2. JIS akan dikelola secara komersial untuk pemeliharaan

Anies: 5.000 Orang Hadiri Soft Launching JIS, Ini Sebuah Babak Barupotret Jakarta International Stadium (instagram.com/jakartainternasionalstadium)

Selanjutnya, kata dia, tahap lainnya yang akan dilakukan dalam pemeliharaan JIS adalah pengelolaan dari sisi komersial. Harapannya, komersialisasi ini akan menyumbang pemasukan sehingga bisa menjadi modal untuk memelihara JIS secara berkelanjutan.

“Salah satu yang dikerjakan dengan mengelola ini secara komersial, sehingga bisa dipertanggungjawabkan dan harapannya akan ada pemasukan yang cukup, ketika ini digunakan untuk berbagai kegiatan,” kata Anies.

Pembangunan JIS membutuhkan waktu yang tidak singkat. Peletakan batu pertama di stadion ini bahkan sampai berlangsung tiga kali, mulai dari era Gubernur DKI Jakarta Joko "Jokowi" Widodo, sampai kini era Anies Baswedan. 

3. Soft Launching JIS jadi hari bersejarah

Anies: 5.000 Orang Hadiri Soft Launching JIS, Ini Sebuah Babak Barupotret Jakarta International Stadium (instagram.com/jakartainternasionalstadium)

Pembangunan stadion dilakukan pada 2019. Setelah dua tahun lebih, akhirnya stadion bernama Jakarta International Stadium (JIS) ini diluncurkan dalam sebuah soft launching pada Selasa (19/4/2022).

"Catat hari bersejarah ini, bahwa atas izin Allah SWT, satu janji penting berhasil dituntaskan. Satu mimpi untuk Jakarta, untuk Indonesia, syukur Alhamdulillah JIS ini bisa berdiri dan jadi bukti bahwa kita adalah bangsa besar," ujar Anies Baswedan dalam pidatonya yang ditayangkan di JIS.

Baca Juga: Anies Semringah Klub Dunia Akhirnya Merumput di JIS 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya