Bank DKI Gandeng BPR Syariah untuk Genjot Layanan Digital

Antara lain BPRS di Bandung dan Kota Bekasi

Jakarta, IDN Times - Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) menjalin kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat Syariah HIK Parahyangan. Kerja sama tersebut dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Pemanfaatan Layanan Digital Perbankan yang meliputi pengelolaan transaksi keuangan melalui layanan digital Virtual Account UUS Bank DKI.

Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi menyampaikan, jalinan kerjasama ini diharapkan mampu membuka peluang yang lebih besar bagi sektor usaha terutama UMKM di daerah Bandung dan sekitarnya. 

Salah satunya adalah pesantren dalam pemanfaatan produk dan layanan perbankan syariah khususnya perbankan digital dalam tujuan pengembangan usaha maupun kemudahan transaksi keuangan.

“Jalinan kerja sama ini diharapkan mampu membuka peluang yang lebih besar bagi sektor usaha terutama UMKM di daerah Bandung dan sekitarnya maupun komunitas termasuk di antaranya pesantren,” ungkapnya, dalam keterangan resmi, Minggu (4/9/2022).

Baca Juga: 819 Ribu Pelajar Nabung di Bank DKI, Nominalnya Capai Rp93 Miliar

1. Berikan akses layanan perbankan bagi komunitas

Bank DKI Gandeng BPR Syariah untuk Genjot Layanan DigitalBank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) menjalin kerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat Syariah HIK Parahyangan. (dok.IDN Times/istimewa)

Lebih lanjut, Babay Parid berharap agar sinergi dan kolaborasi yang terjalin antara UUS Bank DKI dan BPRS HIK Parahyangan dapat memberikan kontribusi kemudahan akses layanan perbankan serta akses pembiayaan bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Sebelumnya, dalam rangka ekspansi kegiatan usaha di wilayah Bekasi, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI juga telah menjalin kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Patriot Bekasi. 

Baca Juga: Wow! Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tumbuh 742 Persen 

2. MoU untuk UMKM Kota Bekasi dan ASN Pemkot

Bank DKI Gandeng BPR Syariah untuk Genjot Layanan Digital(Ilustrasi Kota Bekasi) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Adapun, kerja sama tersebut dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang pemanfaatan layanan digital perbankan yang meliputi pengelolaan transaksi keuangan melalui layanan digital UUS Bank DKI, layanan keagenan perbankan dengan JakOne Abank hingga penyaluran pembiayaan produktif kepada UMKM Kota Bekasi maupun konsumtif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bekasi.

Sebagai informasi, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI juga turut berpartisipasi pada Program Kredit Usaha Rakyat dengan target penyaluran KUR sebesar Rp1 triliun kepada pelaku UMKM. Selain itu, sejalan dengan program transformasi layanan digital yang dilakukan, Bank DKI menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah melalui aplikasi JakOne Mobile dan JakOne Pay. 

Baca Juga: Bank DKI Luncurkan Fasilitas Tarik dan Setor Tunai Tanpa Kartu  

3. Manfaatkan QRIS

Bank DKI Gandeng BPR Syariah untuk Genjot Layanan DigitalBank DKI. (Dok. Bank DKI)

Pengguna dapat melakukan transaksi Scan by QRIS, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito, hingga pembukaan rekening tabungan secara online dimana saja dan kapan saja.

Di samping itu, Bank DKI juga menghadirkan layanan e-channel lainnya seperti Cash Management System sebagai solusi layanan perbankan berbasis internet untuk nasabah korporasi untuk melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara realtime dan online. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya