Dinsos DKI Mau Tindak Pria Dandan ala Wanita di Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week dikhawatirkan jadi kampanye LGBT

Jakarta, IDN Times - Dinas Sosial DKI Jakarta akan menindak laki-laki yang berdandan seperti wanita di Citayam Fashion Week, yang kerap digelar di zebra cross Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Abdul Salam, menuturkan, pihaknya nantinya bakal menindak mereka di lapangan lewat bantuan petugas Satpol PP. Yang pasti, Dinas Sosial DKI mengaku bakal segera menindaklanjutinya.

“Untuk kegiatan itu tetap penindakan, itu harus melewati Satpol PP. Kita mengikuti Satpol PP saja. Kita siap melakukan penindakan terhadap mereka,” terang Abdul Salam, kepada wartawan, Selasa (26/7/2022).

1. Pria dandan ala wanita di Citayam Fashion Week akan dimasukkan ke panti sosial

Dinsos DKI Mau Tindak Pria Dandan ala Wanita di Citayam Fashion WeekIlustrasi LGBT (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia mengatakan, pria berdandan ala wanita yang diamankan nantinya akan dimasukkan ke panti sosial di wilayah Kedoya, Jakarta Barat. Menurutnya, mereka dikategorikan sebagai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Mereka akan dimasukkan ke Panti Kedoya, nanti mereka di-assessment, nanti akan dirujuk ke panti-panti sesuai dengan PMKS-nya. Mereka masuk dalam kriteria PMKS,” terangnya.

2. Anggota DPRD Fraksi PKS khawatir Citayam Fashion Week jadi kampanye LGBT

Dinsos DKI Mau Tindak Pria Dandan ala Wanita di Citayam Fashion WeekCitayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweek.jkt)

Sebelumnya, Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), juga khawatir ajang Citayam Fashion Week menjadi tempat untuk mengkampanyekan LGBT.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Israyani pun meminta masyarakat waspada dengan budaya Citayam Fashion Week yang mulai disusupi kaum LGBT.

"Jangan sampai nilai-nilai kebudayaan yang baik itu ditumpangi unsur kaum laki-laki yang menyerupai wanita atau sebaliknya, yang nantinya akan dicontoh generasi muda yang akan merusak kebudayaan bangsa dan agama," ucapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Anggota DPR Soal Citayam Fashion Week: Aksi Gen Z Tak Perlu Dilarang

3. Meminta agar tidak dilakukan setiap hari

Dinsos DKI Mau Tindak Pria Dandan ala Wanita di Citayam Fashion Weekpotret model Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Israyani yang bertugas di Komisi A DPRD DKI juga meminta, kegiatan yang sangat mengundang banyak orang ini diharap tidak dibiarkan setiap hari dan setiap malam.

Untuk itu dirinya menyarankan 3 Pilar yang terdiri dari Polisi, TNI, Pemprov DKI, pusat bisnis, hotel-hotel, KAI, MRTJ serta perangkat RT-RW mengambil sikap atas fenomena ini.  

“Nilai kebudayaan yang sudah baik dalam konteks keindonesiaan, harus dilakukan dengan cara yang baik, sehingga ruang ketiga atau ruang publik ini bisa dimanfaatkan semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Keuntungan Baim Wong Jika Jadi Pemegang Merek Citayam Fashion Week

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya