Comscore Tracker

Dishub DKI Angkat Bicara soal Kaos 'Anies Presiden' saat Mudik Gratis

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI bersumpah

Jakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan DKI Jakarta angkat bicara mengenai kabar adanya kaos "Anies Baswedan untuk Presiden", untuk peserta mudik gratis di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).

“Demi Allah saya gak pernah tahu menahu dan gak pernah memfasilitasi kaitannya dengan adanya kaos itu. Makanya saya juga bingung,” kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Yayat Sudrajat, kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Yayat mengatakan, pihaknya tidak ada di lokasi kejadian pada hari diberangkatkannya peserta mudik gratis. Dia bilang, pihaknya sama sekali tidak memfasilitasi adanya pembagian kaos.

“Jadi sekali lagi saya tegaskan saya tidak pernah memfasilitasi terkait dengan hal-hal seperti itu,” ujar dia.

Baca Juga: PSI Ungkap Ada Kaos Anies Presiden di Mudik Gratis Pemprov DKI

1. Pembagian paket hanya ada dari PMI berupa tool kits kesehatan

Dishub DKI Angkat Bicara soal Kaos 'Anies Presiden' saat Mudik GratisTerminal Bus Pulo Gebang (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

Yayat menjelaskan, memang ada pembagian paket kepada para peserta mudik gratis ini. Namun, itu hanya berisi tool kits kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI). 

“Ada handsanitizer, masker, hanya itu yang saya tahu. Tidak ada pembagian kaos,” terangnya.

2. Politikus PSI kritisi adanya kaos bergambar Anies

Dishub DKI Angkat Bicara soal Kaos 'Anies Presiden' saat Mudik GratisPolitikus PSI William Aditya Sarana (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana, menyayangkan beredarnya kaos "Anies Baswedan Untuk Presiden" yang dipakai sejumlah peserta mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI Jakarta di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Rabu, 27 April 2022.

William mengatakan tidak sepatutnya hal tersebut terjadi, karena acara ini merupakan kegiatan yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD).

"Acara ini jelas APBD, uang masyarakat. Tidak elok sekali jika ada dugaan kepentingan ambisi politik Pak Gubernur Anies. Jangan sampai mudik gratis ini yang didanai uang negara dipolitisasi untuk keuntungan sendiri,” ujar William melalui keterangan resmi, Sabtu (29/4/2022). 

Baca Juga: Anies Baswedan Lepas 11.680 Mudik Gratis di Terminal Pulogadung

3. Anies diminta maksimalkan kinerja sebelum tuntaskan masa jabatan

Dishub DKI Angkat Bicara soal Kaos 'Anies Presiden' saat Mudik GratisGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan)

William menyarankan Gubernur Anies agar memaksimalkan kinerja pada hal-hal penting, untuk menuntaskan janji kampanyenya di beberapa bulan terakhir masa jabatannya.

"Pak Anies baiknya fokus menuntaskan janji kampanye di sisa masa jabatan ini. Apalagi, beberapa kali Pak Anies tidak hadir dalam rapat paripurna DPRD yang seharusnya lebih jadi prioritas, tahan dulu ambisi untuk kepentingan politik pribadi, fokus kerja dulu saja sampai Oktober," kata dia.

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, juga sebelumnya membantah, kegiatan mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta tidak ada muatan unsur politiknya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya