Comscore Tracker

Jadwal Imsakiyah dan Doa Puasa di Jakarta Kamis 14 April 2022

Baca doa niat puasa sebelum terbit fajar

Jakarta, IDN Times - Tepat pada Kamis, 14 April 2022, puasa di bulan Ramadan 1443 H telah memasuki hari ke-12. Bulan Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan, karena di bulan ini doa-doa akan dikabulkan dan segala jenis kebaikan pahalanya dilipatgandakan. 

Di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dengan tidak makan dan minum, mulai dari azan subuh hingga datangnya waktu berbuka yakni saat azan magrib berkumandang. 

Namun sebelum memulai puasa, terlebih dulu membaca niat doa puasa dan makan sahur. Doa niat puasa bisa dibaca pada malam hari hingga saat imsak atau sebelum terbit fajar.

Berikut jadwal imsakiyah dan doa niat berpuasa pada hari ke-12 Ramadan 1443 H atau Kamis, 14 April 2022, dan juga jadwal salat berdasarkan aturan yang dikeluarkan Kementerian Agama.

Baca Juga: Doa Ketika Dilanda Perasaan Sedih dan Gundah

1. Jadwal Imsakiyah untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsakiyah dan Doa Puasa di Jakarta Kamis 14 April 2022Ilustrasi Imsak (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan jadwal Imsakiyah puasa Ramadan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada hari ke-12 Ramadan 1443 H waktu imsak jatuh pada pukul 04.28 WIB. Selang 10 menit, waktunya azan subuh berkumandang pada pukul 04.38 WIB.

Sebelum melakukan sahur kita dapat menambah celengan pahala dengan menjalankan ibadah-ibadah sunah seperti salat malam, berzikir, dan juga tadarus Al-Qur'an. Bulan Ramadan hanya datang satu kali dalam 12 bulan, maka dari itu manfaatkanlah bulan suci ini sebaik-baiknya.

2. Doa niat puasa Ramadan dan artinya

Jadwal Imsakiyah dan Doa Puasa di Jakarta Kamis 14 April 2022Ilustrasi berbuka puasa (Dok. IDN TImes)

Dalam Hadis Riwayat (HR) Abu Daud No. 2454, At-Tirmizi No. 730, An-Nasai (4/196), disebutkan bahwa barang siapa yang tidak melafalkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.

Berikut doa niat puasa Ramadan:

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Membaca doa niat puasa wajib dilakukan agar ibadah puasa menjadi afdhol. Dengan membaca niat puasa, maka tujuan ibadah kita memang untuk puasa di bulan Ramadan dan bukan untuk ibadah lain.

3. Jadwal salat untuk daerah Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsakiyah dan Doa Puasa di Jakarta Kamis 14 April 2022Hanya beberapa jemaah Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat (IDN Times/Saifullah)

Berikut jadwal salat untuk daerah Jakarta dan sekitarnya pada 14 April 2022:

Subuh pada pukul 04:38 WIB

Zuhur pada pukul 11:57 WIB

Asar pada pukul 15:14 WIB

Magrib pada pukul 17:5 WIB

Isya' pada pukul 19:02 WIB

Baca Juga: 11 Keutamaan Salat Fardu dan Amalannya Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya