Sirkuit Formula E Ditender Ulang, PDIP Sebut Perusahaan Takut Risiko

Ujung-ujungnya Jakpro bisa menunjuk langsung perusahaan

Jakarta, IDN Times - Tender pembangunan sirkuit Formula E di Ancol Jakarta Utara gagal. Untuk itu, pihak PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melakukan tender ulang. 

Jakpro sebenarnya telah memulai tender kontraktor untuk pembangunan lintasan Formula E pada Rabu (5/1/2022). Namun, proses tender tersebut hanya berlangsung 7 hari sejak pengumuman dipublikasikan.

"Bukan gagal, tapi re-tender. Hari ini sudah proses lagi secepatnya selesai," kata Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto, kepada wartawan, Selasa (25/1/2022) kemarin.

Baca Juga: Anies Sebut Formula E Amanat Perda, Ketua DPRD: Tebang Pilih!

1. Politikus PDIP menilai perusahaan tak mau ambil risiko

Sirkuit Formula E Ditender Ulang, PDIP Sebut Perusahaan Takut Risiko(Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono) Instagram.com/@gembongwarsono

Tak ada penjelasan lebih lanjut terkait proses tender ulang tersebut. Mengenai hal ini, Politikus PDIP, Gembong Warsono, mengatakan, banyak perusahaan yang tidak mau mengambil risiko. 

“Itu kan proyek yang sangat berisiko. Pertama, risikonya adalah apakah Jakpro mampu membayar terhadap proyek yang dikeluarkan. Kenapa? Karena kan tidak ada PMD terhadap proyek itu,” tutur dia, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: PSI: Kami Tak Anti Program Formula E Anies Baswedan

2. Ujung-ujungnya penunjukkan langsung

Sirkuit Formula E Ditender Ulang, PDIP Sebut Perusahaan Takut RisikoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anggota DPRD DKI Jakarta itu menilai, PMD tidak akan masuk lantaran pihak panitia sudah mendeklarasikan bahwa proyek tersebut tak menggunakan APBD.

Dia pun meragukan bahwa tender Formula E yang kedua akan berhasil. Sehingga, nantinya akan ada penunjukan langsung oleh Jakpro.

“Kalau gagal,gagal, gagal, pada ujungnya kan jakpro mengambil keputusan sendiri. Sesuai Perpres,” ujarnya.

Baca Juga: Jakpro Mau Bikin Sirkuit Formula E Tiga Bulan, PDIP DKI Tak Percaya

3. Khawatir Jakpro tidak terbuka

Sirkuit Formula E Ditender Ulang, PDIP Sebut Perusahaan Takut RisikoIkatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) menggelar konferensi pers terkait ajang Formula E pada Rabu (24/11/2021). (dok. IDN Times/Istimewa)

Jika Jakpro menunjuk langsung, bukan tidak mungkin menimbulkan masalah baru. Sebab, hanya Jakpro sendiri yang mengetahui kualifikasi perusahaan, hal ini akan berbeda dengan lelang yang dinilai bisa lebih terbuka.

“Kalau penunjukkan langsung, jadi serba tertutup karena semaunya Jakpro,” terang dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya