JDIHN Awards 2023, Kemenkominfo Jadi Kementerian Terbaik Pertama

Ada empat kementerian lain dengan predikat terbaik

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapat predikat terbaik pertama dalam ajang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Awards 2023 untuk kategori Kementerian.  Selain Kementerian Kominfo ada empat kementerian lainnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dikutip dari ANTARA menyatakan, bagi Kemenkominfo penghargaan itu memiliki nilai strategis karena menjadi salah satu bagian penting dalam instrumen perencanaan, pelaksanaan maupun pengendalian pembangunan nasional.

"Prestasi yang diraih Kementerian Kominfo tahun ini hendaknya memberi manfaat baik bagi Kementerian Kominfo maupun masyarakat luas. Apalagi peraturan perundang-undangan merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan pembangunan," ujar Mira usai menerima penghargaan dalam Pertemuan Nasional Pengelola JDIHN dan Legal Development Content Creator (LDCC) Awards 2023 di Jakarta Barat, Kamis (12/10/2023).

Adapun JDIHN merupakan jaringa yang dapat diakses publik untuk mendapatkan informasi mengenai peraturan dan perundangan yang berlaku di Indonesia. Kehadirannya menjadi salah satu acuan penting bagi instrumen Pemerintah untuk memetakan peraturan perundang-undangan tingkat pusat maupun daerah.

Sementara bagi masyarakat, JDIHN menjadi sarana informasi serta sumber untuk mengakses naskah peraturan dan perundangan dengan lebih mudah. Karenanya, kehadiran JDIHN Awards 2023 yang merupakan pelaksanaan yang ke-11 menjadi upaya apresiasi bagi para mitra Kementerian Hukum dan HAM RI karena telah ikut ambil andil dalam pengelolaan JDIHN.

Mira mengapresiasi kinerja jajarannya, terutama Biro Hukum Setjen Kementerian Kominfo yang telah membuat pengelolaan JDIHN di Kementerian Kominfo menjadi optimal .

"Ini yang pertama. Biasanya masuk 5 besar, tapi baru tahun ini mendapatkan peringkat pertama. Apresiasi dan selamat untuk tim biro Hukum yang sudah bekerja keras, kerja cerdas sehingga dapat mendapatkan penghargaan terbaik ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Hukum Setjen Kementerian Kominfo Bertiana Sari, mengatakan pencapaian tersebut bisa terwujud melalui kerja kolaborasi antar satuan kerja.

Ia berkomitmen pihaknya ke depan dapat lebih optimal memperbarui perubahan regulasi lewat JDIHN agar masyarakat bisa mengetahui perubahan-perubahan regulasi yang terjadi dari waktu ke waktu.

"Kalau kami tidak melengkapi peraturan yang baru ini atau merevisi, nanti masyarakat bisa bingung. Kami selalu mengedepankan hal tersebut dalam JDIHN Kominfo," kata Bertiana.

Selain Kementerian Kominfo, terdapat empat kementerian lain yang mendapatkan predikat terbaik dalam JDIHN Awards 2023, Terbaik 2 Kementerian Keuangan, Terbaik 3 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Terbaik 4 Kementerian Sosial, dan Terbaik 5 Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga: Kominfo Senggol Induk Facebook, Minta Segera Bersihkan Konten Judi

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya