Comscore Tracker

Perintah Jokowi soal Tragedi Sigi hingga Rizieq Shihab Diminta Jujur

Indonesia Hari Ini, ada fakta-fakta kecelakaan maut Cipali

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menegaskan tidak ada toleransi terhadap aksi serangan yang dilakukan kelompok Mujahidin Indonesia Timur terhadap warga Dusun Lewonu di Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu 28 November 2020 lalu. Jokowi memerintahkan TNI dan Polri mengusut tuntas kasus ini.

Perintah Jokowi disampaikan dalam keterangan persnya yang disiarkan di channel  YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/11/2020). Selain instruksi Jokowi ada juga soal Rizieq Shihab yang diminta jujur hasil tes swab COVID-19 dan artikel menarik lainnya.

Baca Juga: Copot Anak Buah karena Kerumunan Rizieq, Anies Dituding Cuci Tangan

1. Isi perintah Jokowi untuk TNI dan Polri

Perintah Jokowi soal Tragedi Sigi hingga Rizieq Shihab Diminta Jujur(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi memerintahkan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengusut tuntas pelaku teror hingga ke akarnya.

"Saya juga telah memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk meningkatkan kewaspadaan," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengutuk keras peristiwa biadab itu. Ia mengatakan, aksi pembantaian tersebut adalah tindakan tidak beradab di luar batas kemanusiaan. Baca selengkapnya di sini.

2. Fakta-fakta kecelakaan maut di Tol Cipali yang menelan 10 korban jiwa, Senin dini hari

Perintah Jokowi soal Tragedi Sigi hingga Rizieq Shihab Diminta JujurIlustrasi Kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kecelakaan maut terjadi di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) KM 75, Kabupaten Purwakarta, Senin dini hari. Kecelakaan ini mengakibatkan 10 orang meninggal dunia.

Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan kecelakaan ini diawali oleh sebuah truk yang mengalami kerusakan mesin. Setelah itu kecelakaan beruntun terjadi antara truk yang rusak, satu truk lainnya dan sebuah minibus Elf. Kini menurut Eddy, Kondisi lalu lintas sudah berangsur lancar setelah kecelakaan. Lanjutkan baca kronologi kecelakaan tersebut di sini.

3. Duh! Ada 34 ribu permohonan dispensasi perkawinan anak saat pandemik

Perintah Jokowi soal Tragedi Sigi hingga Rizieq Shihab Diminta JujurIlustrasi perkawinan anak https://www.unicef.org/indonesia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengungkapkan pandemik COVID-19 berdampak pada tingginya kasus perkawinan anak di bawah umur.

"Dalam kurun waktu Januari hingga Juni 2020, badan peradilan agama Indonesia menerima sekitar 34.000 permohonan dispensasi kawin yang diajukan oleh calon mempelai yang belum berusia 19 tahun, tentunya hal ini menjadi keprihatinan bagi kita semua," ucap Bintang dalam rakornas KPAI. 

Lihat selengkapnya di tautan ini.

4. Rizieq Shihab diminta jujur soal hasil tes swab demi orang banyak

Perintah Jokowi soal Tragedi Sigi hingga Rizieq Shihab Diminta JujurRizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Rahmad Handoyo berharap pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, jujur soal kondisi kesehatannya yang masih jadi spekulasi. Menurutnya, hal itu bakal melindungi banyak orang.

"Demi keselamatan pasien dan orang-orang di sekitar yang pernah berinteraksi, perlu dilindungi keselamatan untuk berhati-hati dan waspada," kata Rahmad. Selanjutnya baca di link berikut.

5. Matahari Departement Store tutup 13 gerai hingga akhir tahun

Perintah Jokowi soal Tragedi Sigi hingga Rizieq Shihab Diminta JujurMatahari Department Store (IDN Times/Anata)

PT Matahari Department Store Tbk akan menutup enam gerai besar mereka hingga akhir tahun ini. Penutupan dilakukan karena Matahari menilai keenam gerai sudah tidak menguntungkan.

Pada bulan lalu, Matahari juga telah menutup tujuh gerai mereka di Palembang, Bogor, DKI Jakarta, Balikpapan, Bali, Padang, dan Cirebon karena tidak menguntungkan. Ini berarti sudah 13 gerai yang ditutup. Apa alasan manajemen? Lihat di sini.

Baca Juga: Ini Daftar 13 Nama yang Berpotensi Jadi Calon Kapolri Versi IPW

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya