Presiden Jokowi Disambut Meriah Warga Indonesia di Kenya

Jokowi awali kunjungan empat negara di Afrika

Nairobi, IDN Times - Warga Indonesia di Nairobi, Kenya, menyambut kehadiran Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan semringah. Minggu sore (20/8/2023), sekitar pukul 16.00 waktu setempat, Presiden Jokowi tiba di hotel tempat menginap selama kunjungan kenegaraan dua hari di Kenya. 

Kunjungan ke Kenya mengawali rangkaian kunjungan Jokowi ke benua Afrika. Ini kali pertama Jokowi menyambangi negara di Afrika. Setelah Kenya, Jokowi melawat ke Tanzania dan Mozambique. Afrika Selatan menjadi negara terakhir yang dikunjungi Jokowi. Di sana Jokowi diundang hadir sebagai ketua ASEAN dalam pertemuan puncak BRICS (Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan). 

Dalam kunjungan ke Afrika, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Energi dan Sumberdaya, Arifin Tasrif; dan Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung Wibowo.

Duta besar Republik Indonesia untuk Kenya, Mohamad Hery Saripudin, mengatakan kehadiran Presiden Jokowi di Kenya adalah kunjungan historis. "Dalam kurun waktu lebih dari empat dekade, ini pertama kalinya Presiden Indonesia berkunjung ke Kenya," ujar Hery dalam wawancara khusus program Ambassador Talk di IDN Times (16/8/2023).

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi menyambut kehadiran Presiden Jokowi di lobi hotel, bersama warga Indonesia dan delegasi pengusaha dari Indonesia, termasuk Pertamina, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan menandatangani kerja sama bisnis dengan pihak Kenya. Menlu Retno tiba dua hari lebih awal di Kenya untuk menyiapkan kunjungan Presiden.

Di Kenya, Presiden Jokowi diagendakan bertemu dengan Presiden Republik Kenya William Ruto untuk menggelar pertemuan bilateral guna meningkatkan hubungan kerja sama antar kedua negara. 

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke Afrika, Indonesia Diundang ke KTT BRICS

Topik:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya