Jokowi Berharap Porang Bisa Gantikan Beras

Bisa jadi makanan masa depan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). Di sana ia meninjau pabrik pengolahan porang PT Asia Prima. 

"Saya tadi menanyakan per hektar bisa menghasilkan berapa ton? Disampaikan 1 hektare bisa 15-20 ton, mungkin hasilnya per musim tanam, musim tanam pertama hasilnya bisa 40 juta dalam kurun 8 bulan," ujar Jokowi melalui pantauan channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/8/2021).

1. Porang akan jadi makanan masa depan

Jokowi Berharap Porang Bisa Gantikan BerasUmbi porang yang dipanen petani di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut Jokowi porang akan menjadi makanan masa depan dengan pasar yang masih terbuka lebar. Hal itu ia katakan karena porang memiliki kandungan kalori yang rendah, dan rendah gula. "Saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan," ujar Jokowi.

Baca Juga: Beras Bansos Menggumpal, Buwas: Jangan Bilang Ada Kutu

2. Menjadi pengganti beras

Jokowi Berharap Porang Bisa Gantikan BerasIlustrasi beras (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Karena kadar gulanya yang sangat rendah, Jokowi juga menilai porang dapat menjadi pengganti beras. Karena itu ia mengatakan komoditas porang harus benar-benar diperhatikan.

"Saya sudah menyampaikan ke menteri pertanian agar kita betul-betul seriusi komiditas baru ini," kata Jokowi.

3. Berharap pengolahan porang dalam bentuk jadi selesai tahun depan

Jokowi Berharap Porang Bisa Gantikan BerasANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Jokowi berharap ekspor porang tidak dilakukan dalam bentuk mentahan, tetapi bisa menjadi barang jadi dalam bentuk beras porang dan ia berharap hal itu bisa terwujud di tahun depan.

"Tapi kita lihat disini tadi sudah setengah jadi dalam bentuk tepung dan Insya Allah tahun depan bisa barang jadi yaitu beras porang," ujar Jokowi.

Baca Juga: Mural Jokowi 404 Dijadikan Desain Kaos, Pria Tuban Minta Maaf

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya