Kunker ke Jatim, Jokowi Terbang Pakai Pesawat Kepresidenan Cat Baru

Pertama kali Jokowi naik pesawat warna baru merah putih

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur (Jatim) hari ini, Kamis (19/8/2021), menggunakan Pesawat Kepresidenan yang baru dicat menjadi merah putih.

Ini merupakan kali pertama Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan merah putih, setelah pesawat sebelumnya berwarna biru.

"Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, presiden dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Sindir Cat Ulang Pesawat Kepresidenan, PKS: Tiap Presiden Ganti Warna

1. Jokowi meninjau vaksinasi COVID-19 pelajar di Madiun

Kunker ke Jatim, Jokowi Terbang Pakai Pesawat Kepresidenan Cat BaruPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Madiun, Jawa Timur. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi terbang ke Jatim untuk meninjau vaksinasi COVID-19 pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun, serta melakukan konferensi video bersama peserta vaksinasi di sejumlah provinsi lain. 

"Selepas itu, presiden akan menuju Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat," ujar Bey.

Setelahnya, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemono, Kabupaten Madiun. 

2. Mengunjungi pabrik porang

Kunker ke Jatim, Jokowi Terbang Pakai Pesawat Kepresidenan Cat BaruPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Madiun, Jawa Timur. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pada agenda terakhirnya, Bey mengatakan, Jokowi akan melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan porang hingga rangkaian acara selesai dan kembali ke Jakarta pada sore hari.

"Agenda terakhir dalam kunjungan kerja presiden kali ini adalah mengunjungi pabrik pengolahan porang miliki PT Asia Prima Konjac. Pada kesempatan yang sama, presiden juga akan melakukan groundbreaking perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani," jelasnya.

3. Pesawat kepresidenan berganti warna merah sempat menuai polemik

Kunker ke Jatim, Jokowi Terbang Pakai Pesawat Kepresidenan Cat BaruPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Madiun, Jawa Timur. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Penampilan pesawat kepresidenan RI A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2) yang berganti warna merah putih, memakan anggaran mencapai Rp2 miliar. Hal itu menuai polemik, karena dianggap pemborosan di tengah pandemik COVID-19 melanda Tanah Air. Namun, pemerintah beralasan anggaran pengecatan sudah disetujui sejak lama, dan memang sudah waktunya perawatan.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, pesawat kepresidenan memang sudah waktunya melakukan perawatan dan pengecatan. Dia menuturkan, pengecatan ini dilakukan sejak Mei 2021.

"Sejak Mei (dicat ulang)," kata Heru saat dihubungi IDN Times, Selasa (3/8/2021).

Untuk pengecatan pesawat, ujar Heru, memang sudah waktunya untuk diperbarui. Karena cat pesawat juga sudah mulai mengelupas. "Mengenai cat, memang sekalian diperbarui, karena sudah waktunya untuk diperbarui. Pilihan warnanya adalah warna kebangsaan, merah putih, warna bendera nasional," kata dia. 

Baca Juga: Andi Arief Sindir Pesawat Kepresidenan, PPP: Ada Ketentuan Harus Biru?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya