Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berukuran 4 Meter di Lemhanas

Patung menggambarkan Bung Karno sedang membaca buku

Jakarta, IDN Times - Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri meresmikan monumen Bung Karno di halaman Gedung Trigatra Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta, Kamis (20/5/2021). Patung proklamator sekaligus Presiden pertama RI Soekarno tersebut memiliki ukuran empat meter.

"Patung yang saya resmikan di Lemhanas hari ini, mengacu pada patung Bung Karno di museum Blitar. Dibuat lebih besar dengan teknik karakter monumental oleh seniman dari Yogyakarta bernama bapak Dunadi," ujar Megawati melalui siaran langsung di channel YouTube PDI Perjuangan.

1. Patung berwujud Bung Karno sedang membaca buku

Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berukuran 4 Meter di LemhanasPatung Bung Karno Sedang Membaca Buku (youtube.com/PDI Perjuangan)

Baca Juga: Ingatkan Kepedulian, Begini Makna Idul Fitri 2021 Menurut Megawati

Patung Bung Karno ini memiliki berat kurang lebih dua ton. Patung menggambarkan sosok Soekarno sedang duduk membaca buku.

Megawati mengatakan patung ini sebagai ikon bahwa Lemhanas merupakan lembaga pendidikan bagi para calon pemimpin bangsa.

"Bung Karno merupakan seorang yang senang membaca buku. Oleh sebab itu, terinspirasi dan tergerak melahirkan gagasan dan kebijakan revolusioner, bukan hanya bagi kemajuan bangsa Indonesia, tetapi bagi terwujudnya gerak kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika hingga perdamaian dunia," jelas Megawati. 

2. Patung Bung Karno memiliki makna mendalam

Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berukuran 4 Meter di LemhanasMegawati Soekarnoputri Meresmikan Patung Bung Karno (youtube.com/PDI Perjuangan)

Patung Bung Karno dibuat dari bahan logam campuran yang terdiri dari tembaga, kuningan, timah, dan seng sari. Megawati mengatakan patung Bung Karno ini memiliki makna mendalam. 

Mulai dari dudukan segi empat dan segi lima yang bermakna tahun kemerdekaan, segi delapan bermakna bulan kemerdekaan dan segi dudukan patung yang berjumlah tujuh belas bermakna tanggal kemerdekaan. 

3. Beharap patung Bung Karno menjadi inspirasi

Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berukuran 4 Meter di LemhanasMegawati Meresikan Patung Bung Karno di Lemhanas (youtube.com/PDI Perjuangan)

Peresmian ini dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Wakil Gubernur Lemhanas Marsekal Madya Wieko Syofyan, dan Sestama Lemhanas Komjen Polisi Purwadi Arianto. Megawati mengucapkan terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno.

"Saya sangat berharap ketika kita melihat patung Bung Karno, maka mengingatkan kita akan ajaran dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia, serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk meneruskan usaha memajukan Indonesia," ujar Megawati.

Baca Juga: PDIP Tunggu Titah Megawati Soal Calon Presiden 2024

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya