Sidang Tahunan MPR RI Pagi Ini, Jokowi Laporkan Kinerja Lembaga Negara

Sidang tahunan digelar secara luring dan daring

Jakarta, IDN Times - Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegeraan Presiden berlangsung hari ini, Senin (16/8/2021) pukul 08.30 WIB.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, Sidang Tahunan MPR dilakukan secara luring dan daring karena masih dalam kondisi pandemik COVID-19.

"Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring. Presiden dan Wakil Presiden akan hadir secara fisik di kompleks Parlemen," ujar Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet dikutip dari ANTARA, Minggu (15/8/2021).

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR Besok Lebih Singkat, Puan: Jam 12 Acara Selesai 

1. Presiden Jokowi melaporkan kinerja lembaga negara

Sidang Tahunan MPR RI Pagi Ini, Jokowi Laporkan Kinerja Lembaga NegaraPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10/2020). ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/Handout

Sidang Tahunan MPR akan dibuka oleh Ketua MPR dengan membacakan pidato pengantar MPR Tahun 2021. Kemudian dilanjutkan oleh Ketua DPR dan DPD membacakan pidato pengantar Sidang Bersama DPR/DPD.

Kemudian, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melaporkan kinerja lembaga-lembaga negara selama setahun terakhir dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-76 RI.

"Pidato laporan yang disampaikan Presiden Jokowi itu bertujuan agar rakyat bisa mengetahui sejauh mana kinerja lembaga pemerintahan atau lembaga negara," ujar Bamsoet.

2. Sidang Tahunan diikuti oleh 1.125 undangan

Sidang Tahunan MPR RI Pagi Ini, Jokowi Laporkan Kinerja Lembaga NegaraIlustrasi anggota DPR (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Bamsoet mengatakan, Sidang Tahunan MPR RI mengundang 1.125 orang namun tidak seluruhnya hadir secara fisik, melainkan 975 orang hadir secara virtual, 90 orang melalui streaming dan hanya 60 orang yang hadir secara fisik di Gedung MPR/DPR.

Adapun yang hadir secara fisik yaitu, Presiden, Wakil Presiden, para Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY.

Warga juga dapat menyaksikan kegiatan tersebut di semua media sosial MPR atau stasiun televisi yang menyiarkan secara langsung. 

3. Sidang Tahunan dijadwalkan selesai pukul 12.00 WIB, lebih singkat dari tahun sebelumnya

Sidang Tahunan MPR RI Pagi Ini, Jokowi Laporkan Kinerja Lembaga NegaraPresiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD dan DPR RI pada Jumat (14/8/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Tak berlangsung lama, Ketua DPR RI, Puan Maharani juga menyebut sidang tahunan kali ini akan selesai pukul 12.00 WIB, hal itu menurutnya karena waktu seda sesi pertama dan kedua yang hanya hitungan menit.

"Sekitar jam 12 acara dijadwalkan sudah selesai. Saya sebagai Ketua DPR RI yang akan menutupnya," ujar Puan.

Baca Juga: Jokowi Akan Sampaikan Pidato Kenegaraan Hari Ini di Sidang Tahunan MPR

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya