PLN Pastikan Pasokan Listrik di Kota Palu Normal Mulai Minggu Sore

Pasukan TNI diterjunkan untuk membantu pemulihan listrik

Palu, IDN Times - Sebanyak 125 personel gabungan PLN Sulawesi tiba di Palu pada Minggu (30/9). Kehadiran mereka untuk mempercepat pemulihan listrik pasca gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Donggala pada Jumat (28/9).  

Keterlambatan tim di lokasi terdampak gempa dan tsunami ini karena sulitnya akses menuju Kota Palu. Tim baru bisa menembus kota Palu setelah akses darat trans Sulawesi, terutama jalan yang menghubungkan Sulawesi Utara dan Gorontalo menuju Palu via Toboli, dibuka.  

1. Kondisi pembangkit listrik tidak dalam kerusakan parah

PLN Pastikan Pasokan Listrik di Kota Palu Normal Mulai Minggu SoreANTARA FOTO/Darwin Fatir

Direktur Bisnis Regional Sulawesi Selatan PT PLN, Syamsul Huda, memimpin langsung operasi pemulihan listrik di Palu. Menurutnya, kondisi pembangkit listrik tidak mengalami kerusakan parah.  

"Kondisi aset pembangkit dan jaringan yang bisa kita perbaiki dan operasikan dengan segera, harus menjadi fokus kita bersama. Mesin pembangkit diesel di PLTD Silae yang bisa segera diperbaiki dan dioperasikan serta beberapa penyulang yang tidak mengalami kerusakan parah kami upayakan maksimal untuk segera dapat mensuplai listrik Kota Palu dan sekitarnya," kata Syamsul melalui pesan tertulis yang diterima oleh IDN Times.

Baca Juga: Pakai Seragam Loreng, Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa

2. Minggu sore ditargetkan listrik di Palu sudah normal

PLN Pastikan Pasokan Listrik di Kota Palu Normal Mulai Minggu SoreANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Karena tidak ditemukan kerusakan parah pada aset kelistrikan di Palu, Syamsul menargetkan listrik sudah beroperasi normal pada Minggu sore. "Kami targetkan Minggu sore ini mulai normal secara bertahap" sambungnya 

3. Tim PLN membawa 10 genset tambahan

PLN Pastikan Pasokan Listrik di Kota Palu Normal Mulai Minggu SoreANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Untuk pasokan listrik di rumah sakit dan posko yang tersebar, tetap diupayakan menggunakan genset sebagai sumber listriknya. Dia juga membawa 10 genset tambahan dari Manado. 

"Saat ini sudah ada sekitar 12 genset yang bisa dimanfaatkan untuk penerangan sejumlah posko, tambah 10 genset dari Manado, Kami berharap mobil pengangkut genset yang lainnya bisa segera tiba, baik di Palu dan Donggala untuk menambah supply tambahan penerangan warga, saat ini pergerakannya terus kami pantau untuk memastikan baik genset maupun alat berat bisa tiba di lokasi dengan selamat dan cepat," tutup dia.

Baca Juga: CEK FAKTA: Kabar Wali Kota Palu Meninggal Akibat Gempa Hoax!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya