Warga di Riau Positif Virus Corona Usai Kedatangan Tamu dari Jakarta

Seorang di antara 16 pasien COVID-19 meninggal dunia

Pekanbaru, IDN Times - Pemerintah mengumumkan adanya penambahan tiga pasien positif virus corona atau COVID-19 di Provinsi Riau. Sehingga total ada 16 pasien virus mematikan itu.

Satu di antara pasien meninggal dunia sebelum hasil uji swab-nya keluar. Pasien yang berdomisili di Kecamatan Tampan, Pekanbaru, itu merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan setelah meninggal menjadi pasien ke-14 COVID-19 di Riau.

1. Pasien ke-14 virus corona meninggal dunia

Warga di Riau Positif Virus Corona Usai Kedatangan Tamu dari JakartaKeluarga pasien meninggal karena COVID-19 di Balikpapan dites swab di RSKD (IDN Times/Istimewa)

Dari 16 orang yang dinyatakan positif virus corona, satu di antaranya meninggal dunia, sebelum hasil uji swab-nya keluar. Pasien berinisial S berusia 65 tahun yang berdomisili di Kecamatan Tampan, Pekanbaru, merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan setelah meninggal ia menjadi pasien ke-14 COVID-19 di Riau.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami turut berduka cita kepada keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Selanjutnya, akan dilakukan tracing dan rapid test kepada keluarga pasien tersebut dan kontak erat dengan almarhum," kata Gubernur Riau Syamsuar, Riau, Minggu (12/4).

Warga di Riau Positif Virus Corona Usai Kedatangan Tamu dari Jakarta(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Kelompok Anarko Ditangkap, Polisi: Mereka Rencanakan Kerusuhan

2. Pasien ke-15 COVID-19 tidak memiliki riwayat bepergian ke luar kota, tapi kedatangan tamu dari Jakarta

Warga di Riau Positif Virus Corona Usai Kedatangan Tamu dari JakartaWarga dengan msaker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020). (ANTARA FOTO/Kyodo)

Sementara, pasien ke-15 COVID-19 berinisial JB, berusia 48 tahun, warga Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, yang sudah diisolasi di rumah sakit di Pekanbaru, dinyatakan tidak memiliki riwayat bepergian ke luar kota.

Namun, kata Syamsuar, ternyata pasien berusia 48 tahun tersebut, kedatangan tamu dari Jakarta yang sempat menginap di rumahnya beberapa hari.

3. Pasien ke-16 COVID-19 ada riwayat bepergian ke luar negeri

Warga di Riau Positif Virus Corona Usai Kedatangan Tamu dari JakartaIlustrasi penanganan pasien virus corona. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Sementara, pasien ke-16 COVID-19 berinisial AT berusia 33 tahun, warga Kecamatan Tampan, Pekanbaru, ternyata memiliki riwayat bepergian ke luar negeri. Dia pernah ke India pada 22 Januari 2020.

"Dengan adanya penambahan ini, Pemprov Riau langsung melakukan tracing dengan ketiga keluarga pasien dan orang-orang terdekatnya, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat," kata Syamsuar.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Sempat Dihantui Kematian, Pasien COVID-19 di Sumbar Akhirnya Sembuh

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya