Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, PAN: Kader Kami Akan Tetap Militan

PAN yakin kadernya tak berpaling

Yogyakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, mengatakan partarinya tidak terganggu dengan adanya Partai Ummat. Meski, partai baru tersebut dideklarasikan oleh Amien Rais, sosok yang merupakan salah satu pendiri PAN.

Viva mengatakan kader dan pengurus PAN dari pusat sampai daerah tetap solid, kompak, berkomitmen, dan militan sebagai pejuang partai. Kader PAN tidak akan goyah ke Partai Ummat yang dideklarasikan pada Kamis (29/4/2021) itu.

"Ideologi politik PAN dan Partai Ummat berbeda. PAN berideologi nasionalis-religius, sedangkan Partai Ummat berideologi Islam. Perbedaan ideologi politik partai akan menyebabkan keperbedaan basis sosial di masyarakat dan basis konstituten tentu berbeda," ujar Viva dikutip dari ANTARA, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga: Deklarasi Partai Ummat, PAN: Amien Rais Bukan Lagi Bagian Kami

1. Optimistis tak banyak kader PAN yang gabung ke Partai Ummat

Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, PAN: Kader Kami Akan Tetap MilitanKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan PAN Amien Rais (kiri) usai membuka Rakernas PAN di Jakarta, Kamis (9/8). Dalam rakernas tersebut PAN secara resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Viva mengatakan tidak ada anggota PAN yang menyatakan keluar untuk bergabung dengan Partai Ummat. Ia yakin karena sampai saat ini tidak ada satu pun anggota legislatif dari PAN maupun kader di lembaga eksekutif yang menyatakan keluar.

"Karena kader PAN itu rasional dan berakal sehat, sehingga mereka secara objektif dapat menilai dengan benar tentang masa depan politiknya," ujarnya.

Menurutnya, jika ada mantan anggota PAN yang terlibat di Partai Ummat, jumlahnya hanya sedikit.

"Menjadi anggota legislatif dan eksekutif melalui kontestasi dan kemenangan elektoral adalah buah dari perjuangan yang tidak mudah. Hal ini menyebabkan mereka berpikir realistis sebagai seorang politisi," tuturnya.

2. Zulkifli Hasan senang karena tak akan ada konflik internal

Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, PAN: Kader Kami Akan Tetap MilitanWakil Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku senang dengan kehadiran Partai Ummat. Sebab, hal tersebut justru tidak akan menimbulkan konflik di internal PAN. 

"Justru enak buat saya. Saya bahagia, happy, senang. Kenapa? Karena kalau tidak, kita bisa bertengkar sendiri," ujar Zulkifli Hasan seperti dikutip dari ANTARA.

Dia pun mengucapkan selamat datang atas didirikannya Partai Ummat oleh Amien Rais.

3. Partai Ummat punya PR agar bisa jadi peserta pemilu

Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, PAN: Kader Kami Akan Tetap MilitanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Baca Juga: Deklarasi Partai Ummat, PAN: Amien Rais Bukan Lagi Bagian Kami

Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengingatkan Partai Ummat bahwa syarat untuk menjadi partai pollitik peserta pemilu tidak mudah. Apalagi, untuk sampai mendapat kursi di DPR RI.

Ia mengatakan partai harus memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold yang telah disyaratkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Senada dengannya, Zulkifli Hasan mengatakan untuk mendirikan partai politik itu tidak semudah yang dibayangkan. Menurut UU Pemilu, parliamentary threshold yang lolos di Senayan adalah empat persen.

4. Partai Ummat didirikan bertepatan dengan 17 Ramadan 1442 H

Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, PAN: Kader Kami Akan Tetap MilitanKetua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Untuk diketahui, Partai Ummat dideklarasikan tokoh reformasi 1998, Amien Rais, pada Kamis (29/4/2021) atau bertepatan dengan hari ke-17 bulan Ramadan 1442 H. Deklarasi tersebut ditayangkan melalui akun Youtube Amien Rais Official.

Nama-nama pengurus yang muncul salah satunya Ridho Rahmadi, menantu Amien Rais yang didapuk sebagai Ketua Umum Partai Ummat. Sedangkan, Amien Rais menjabat Ketua Majelis Syuro.

"Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader dan anggota Partai Ummat, pada 17 Ramadan 1442 Hijriah, bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi, Bismillahirahmanirahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada Bumi Petiwi Indonesia yang kita cintai bersama," kata Amien Rais.

Baca Juga: Amien Rais Rilis Logo Partai Ummat, Simbolnya Perisai Tauhid

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya