Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Terima Penghargaan MURI

Rusmin Lawin juga terima penghargaan

Jakarta, IDN Times - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono yang diangkat Presiden Joko Widodo sejak 10 Februari 2022, mendapat piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI sebagai Kepala Otorita IKN Pertama, Kamis (13/7/2023). Piagam penghargaan MURI kepada Bambang Susantono diserahkan langsung Ketua Umum MURI Jaya Suprana.

"Piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia dianugerahkan kepada Bambang Susantono atas rekor Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Pertama,” ujar Jaya Suprana saat menyerahkan piagam di kantor MURI, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

1. Konsep pembangunan IKN di mata Bambang

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Terima Penghargaan MURIKepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menerima penghargaan MURI (IDN Times / Eko Ardiyanto)

Bambang Susantono menyatakan, mulai Agustus 2024 di IKN diproyeksikan sudah ada Istana Presiden, kantor menteri koordinator, TNI-Polri, rumah sakit, nusantara international school, perumahan, dan pusat perbelanjaan.

"Membangun kota itu memang membangun rohnya. Jadi, kalau kita mau bangun, bukan hanya fisiknya, tapi juga bagaimana kehidupan masyarakatnya juga," ujar Bambang Susantono.

2. Investor asing segera jalin kesepakatan

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Terima Penghargaan MURISejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Bambang Susantono, kepada IDN Times mengatakan, beberapa perusahaan dari luar negeri dalam waktu dekat segera menandatangani kesepakatan dengan pemerintah terkait investasi di IKN. Bambang menyatakan, investor saat ini memang masih memerlukan waktu untuk melakukan studi kelayakan.

"Mereka juga butuh waktu ya untuk membuat studi kelayakan. Mungkin, memilih kontraktor, desainnya dimatangkan, misalnya. Jadi, harapan kami mungkin dalam waktu satu hingga dua bulan, akan cukup banyak yang akan mendeklarasikan mereka akan mulai," kata Bambang.

3. Rekor MURI Individu usai berkeliling ke 32 negara demi IKN

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Terima Penghargaan MURIPresiden FIABCI Asia Pacific Region, Rusmin Lawin, saat menerima penghargaan MURI (IDN Times / Eko Ardiyanto)

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) selain memberikan penghargaan kepada Kepala Otorita IKN, juga memberikan piagam kepada beberapa tokoh. Salah satunya diberikan kepada Presiden FIABCI Asia Pacific Region, Rusmin Lawin, yang juga menjabat Wakil Ketua Umum REI Pusat atas rekor individu yang berkunjung ke negara terbanyak pada masa PSBB dalam rangka mencari investor IKN.

Rusmin mengaku telah berkeliling ke 32 negara selama 18 bulan pada saat pandemik COVID-19 setelah diminta oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.

Baca Juga: Otorita IKN Klaim 65 Persen Area IKN Nusantara Jadi Hutan Lindung

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya