Comscore Tracker

Alasan Rizieq Tak Ikut Demo, Khawatir Dipenjara Tak Bisa Temui Umat

Saat ini Rizieq masih berstatus bebas bersyarat

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, menjelaskan alasan mengapa dirinya tak pernah hadir dalam aksi unjuk rasa setelah mendekam di penjara beberapa waktu lalu.

Rizieq menjelaskan, saat ini dirinya masih berstatus bebas bersyarat sehingga selama masa bebas bersyarat, dia harus wajib lapor dan tidak boleh melakukan pelanggaran hukum lagi.

Dia mengatakan, apabila dia kembali terbukti melakukan pelanggaran maka bukan tidak mungkin akan ditangkap dan dipenjara lagi.

Oleh sebab itu, tim kuasa hukumnya selalu melarang Rizieq turun dalam sejumlah aksi unjuk rasa. Mengingat, ketika menggelar demonstrasi rawan sekali terjadi gesekan antarmasa atau disusupi.

"Kalau aksi unjuk rasa, saya pasti jadi disalahkan. Karena menurut kuasa hukum saya, kalau aksi demo itu sulit untuk membendung statement massa, apalagi kalau kritik keras. Meski orang lain yang sampaikan, tetap saya yang harus bertanggung jawab secara de facto," kata Rizieq di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022).

"Makanya pengacara katakan, 'udah gak usah ikut kalau demo, Habib'. Udah gak usah ikut walaupun disebut demo damai karena riskan," sambung dia.

Lebih lanjut Rizieq menegaskan, dirinya bukan takut dipenjara, namun hal itu merupakan strategi dakwahnya supaya dia masih bisa berceramah dan bertemu umat.

"Ini strategi perjuangan. Karena begitu ikut sekali, saya dipenjara lagi satu tahun, saya gak bisa kumpul lagi ama ummat," imbuh Rizieq.

Baca Juga: Gegana Sisir Reuni 212, Rizieq: Jangan Sampai Orang Jahat Taruh Bom

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya