Audiensi ke Pemrov DKI, Buruh Desak Anies Bersikap soal Banding UMP

Pemprov DKI bakal melakukan kajian soal banding UMP

Jakarta, IDN Times - Perwakilan buruh yang berunjuk rasa di depan Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2022), telah bertemu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Ketua Perda KSPI DKI Jakarta, Winarso, menuturkan dalam audiensi tersebut, buruh meminta kepastian terkait pernyataan sikap Pemprov DKI atas tuntutan banding ke PTUN Jakarta terkait UMP.

"Poin-poinnya kita minta kira-kira deadline kapan kita bisa dapatkan informasi Pemprov DKI menyatakan sikap untuk banding atau tidak, itu pertama," ujar Winarso di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2022).

"Kedua, kita juga minta kepastian, ini digarap serius oleh Pemprov DKI atas usulan kita," sambung dia.

Baca Juga: Buruh Aksi Depan Balai Kota Dukung Anies Ajukan Banding soal UMP

1. Buruh DKI siap dukung penuh banding ke PTUN

Audiensi ke Pemrov DKI, Buruh Desak Anies Bersikap soal Banding UMPDemo buruh di Balai Kota (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

KSPI DKI Jakarta juga memberikan sejumlah catatan, apabila nantinya Pemprov DKI ingin menyatakan dukungan ke KSPI untuk mengajukan banding ke PTUN. 

"Isi dialog kita tadi adalah penyampaian dukungan terhadap Pemprov DKI. Kita sampaikan beberapa aspek hukum yang mungkin perlu untuk Pemprov DKI banding nanti," kata Winarso.

2. Pemprov DKI bakal melakukan kajian lebih lanjut

Audiensi ke Pemrov DKI, Buruh Desak Anies Bersikap soal Banding UMPDemo buruh di Balai Kota (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Sementara, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Hedy Wijaya, menuturkan pihaknya bakal mempertimbangkan masukan dari buruh tersebut.

Hedy menjelaskan, Pemprov DKI bakal mengkaji lebih lanjut seluruh masukan dari buruh. Selain itu, dia juga bakal menjalin komunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Pokonya begini, mereka kan cuman support ke Pak Gubernur (Anies) untuk banding. Nanti kami kaji dengan tim, kita akan kasih masukan ke Pak Gubernur bagaimana pengambilan keputusannya nantinya," ujar Hedy di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2022).

3. Keputusan tergantung Gubernur Anies

Audiensi ke Pemrov DKI, Buruh Desak Anies Bersikap soal Banding UMPIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kemudian terkait bagaimana nasib potensi banding ke PTUN tersebut, Hedy menyerahkan sepenuhnya pada keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Untuk itu nanti saja pasti ada putusan dari Pak Gubernur," ucap Hedy.

Baca Juga: Balai Kota DKI Didemo Buruh, Begini Respons Wagub Riza

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya