Comscore Tracker

Berkas Hanura, Gerindra, PKB Lengkap, Siap Ramaikan Pemilu 2024

Total sudah ada 13 parpol yang berkas pendaftarannya lengkap

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan dokumen sejumlah partai politik (parpol) yang mendaftar pada hari kedelapan sudah lengkap. Tahapan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 sendiri dibuka sejak 1 hingga 14 Agustus 2022.

Diketahui, ada empat parpol yang mendaftar pada hari ini, yakni Partai Republiku Indonesia, Hati Nurani Rakyat (Hanura), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Dokumen pendaftaran sejumlah parpol pada hari ini dinyatakan lengkap," kata Anggota KPU RI Idham Holik di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022).

1. Berkas pendaftaran Hanura, Gerindra, dan PKB dinyatakan lengkap

Berkas Hanura, Gerindra, PKB Lengkap, Siap Ramaikan Pemilu 2024Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Idham menuturkan, dari empat parpol yang mendaftar, tiga berkas pendaftaran di antaranya sudah berstatus lengkap. Sementara dokumen pendaftaran yang belum lengkap ialah Partai Republiku Indonesia.

Oleh sebab itu, kata dia, KPU memberi waktu bagi partai tersebut melengkapi dokumen. Partai Republiku Indonesia diberikan kesempatan hingga akhir masa tahapan pendaftaran.

"Selanjutnya ada satu partai yang saat ini kami minta untuk melengkapi dokumennya dan kami berikan kesempatan kepada partai tersebut sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022 jam 23.59, yaitu partai Republiku Indonesia," tutur Idham.

Baca Juga: Anggaran Masih Mandek, Eks Ketua KPU: Jangan Buat KPU Mengemis!

2. Dari 18 parpol yang mendaftar, 13 di antaranya dinyatakan berkasnya lengkap

Berkas Hanura, Gerindra, PKB Lengkap, Siap Ramaikan Pemilu 2024Lambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Idham menjelaskan, di hari kedelapan tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024, berkas pendaftaran 13 partai politik (parpol) dinyatakan lengkap oleh KPU RI. Diketahui total parpol yang mendaftar sebanyak 18 partai sudah melakukan pendaftaran.

"Jadi dari total 18 parpol yang mendaftar, 13 parpol kami nyatakan lengkap," ujar Idham.

Baca Juga: Anis Matta Doakan Anggaran KPU Turun Tepat Waktu di Depan Komisioner

3. Daftar parpol yang berkas pendaftarannya lengkap

Berkas Hanura, Gerindra, PKB Lengkap, Siap Ramaikan Pemilu 2024Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Berdasarkan data yang dirilis KPU, berikut sejumlah parpol yang berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap pada hari kedelapan pendaftaran:

1. PDIP
2. PKP
3. PKS
4. PBB
5. Perindo
6. Nasdem
7. PKN
8. Garuda
9. Demokrat
10. Gelora
11. Hanura
12. Gerindra
13. PKB

Baca Juga: Gerindra Daftar Peserta Pemilu, Prabowo: Demokrasi itu Berat dan Sulit

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya