Bertemu Prabowo, Budiman Sudjatmiko Bantah Bakal Gabung Gerindra

Budiman Sudjatmiko diskusi kebangsaan dengan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko menemui Prabowo Subianto pada Selasa (18/7/2023) malam. Pertemuan digelar di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Budiman membantah pertemuannya dengan Prabowo sebagai sinyal bergabung dengan Partai Gerindra.

"Oh enggak (bergabung ke Gerindra)," kata dia sambil tersenyum saat ditanya awak media di lokasi.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo agar Tak Terus Diganduli Masa Lalu!

1. Prabowo tegaskan tak bahas partai dengan Budiman

Bertemu Prabowo, Budiman Sudjatmiko Bantah Bakal Gabung GerindraPolitikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mendengar pernyataan itu, Prabowo ikut meluruskan bahwa pertemuan dengan Budiman sebagai bentuk diskusi kebangsaan. Pembicaraan yang berlangsung secara tertutup kurang lebih dua jam itu tidak membahas soal partai.

"Saya nambahkan. Beliau sudah jelaskan bahwa ini kita bicara di luar partai," ucap Prabowo.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Sebut Cocok dengan Pandangan Politik Prabowo

2. Prabowo kenang masa lalu pernah berseberangan dengan Budiman Sudjatmiko

Bertemu Prabowo, Budiman Sudjatmiko Bantah Bakal Gabung GerindraPolitikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo tak memungkiri, jelang reformasi 1998, punya pengalaman bersejarah dengan Budiman. Saat itu, Budiman berada di pihak oposisi pemerintahan dan masih menjadi aktivis. Sementara Prabowo berada di kubu pemerintah yang juga aktif di TNI AD sebagai Danjen Kopassus.

Keduanya pernah berseberangan saat Reformasi 1998. Budiman sebagai aktivis saat itu berupaya menggulingkan kepemimpinan Presiden Soeharto.

"Kita sebagai dua anak bangsa yang punya sejarah, histori. Bagi saya beliau adalah seorang Budiman Sudjatmiko seorang pejuang dari muda dari kecil. Beliau enam kali ditahan yang tahan kalian tahu lah kira-kira," tutur dia.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Siap Dipanggil PDIP Usai Temui Prabowo

3. Prabowo imbau silaturahmi politik tak dikaitkan dengan gabung parpol

Bertemu Prabowo, Budiman Sudjatmiko Bantah Bakal Gabung GerindraKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat resmikan Kantor Bappilu di kawasan Jakarta Barat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati punya pengalaman yang berseberangan di masa lalu, Prabowo mengaku kini punya cita-cita serta visi dan misi yang sama dengan Budiman.

Prabowo mengimbau agar setiap diskusi atau silaturahmi politik tak dikaitkan dengan bergabung ke partai tertentu. Menurut dia, pertemuan politik merupakan bentuk diskusi para tokoh untuk merumuskan solusi dari permasalahan kebangsaan yang dihadapi ke depan.

"Kita saling koreksi ternyata cita cita visi kita sama jadi kita dengan suasana sekarang saya mohon jangan selalu berbicara dalam konteks kotak-kotak. Katakan ini mau gabung partai ini mau gabung. Kita bicara semua partai saya katakan patriot semua partai terdiri dari orang orang yang ingin mengabdi. Jadi jangan dikotak-kotakan. Semua partai adalah anak bangsa," ungkap Prabowo.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya