BNPB: Pemerintah Akan Bangun Rumah Rusak Dampak Gempa Cianjur

BNPB minta informasi ini disosialisasikan kepada masyarakat

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, memastikan pemerintah akan membangun kembali rumah warga yang terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Tahap rehabilitasi dan konstruksi rumah warga akan berlangsung, usai status tanggap darurat bencana selesai. Saat ini, BNPB bersama pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan TNI-Polri masih fokus mengevakuasi sejumlah korban.

"Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat itu akan diganti oleh pemerintah. Jadi selesai tanggap darurat, masuk tahap rehabilitasi konstruksi. Baru setelahnya membangun rumah-rumah masyakarat yang rusak berat," kata dia di halaman Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Suharyanto mengimbau supaya informasi tersebut disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga masyakarat tak khawatir dan beraktivitas sehari-hari berangsur normal.

"Tolong disampaikan ke masyarakat sehingga masyarakat tenang bahwa rumahnya dibangun kembali oleh pemerintah," ucap dia.

Kemudian untuk sarana umum lain yang juga terdampak seperti sekolah dan tempat ibadah, kata Suharyanto, pemerintah bakal berkoordinasi dengan kementerian terkait.

"Sementara sarana lain, seperti pendidikan, madrasah, masjid itu juga akan dibangun oleh kementerian terkait. Jadi di situ ada peran kementerian pendidikan dan kementerian agama," kata Suharyanto.

Baca Juga: BMKG Minta Warga Waspada Banjir Bandang dan Longsor Usai Gempa Cianjur

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya