Budiman Sudjatmiko Jadi Oposisi Prabowo Jika Gagasannya Banyak Ditolak

Budiman usulkan enam program terkait pembangunan ke depan

Jakarta, IDN Times - Aktivis 98 Budiman Sudjatmiko menegaskan siap menjadi oposisi apabila gagasannya banyak tak dijalankan oleh bacapres yang dia dukung, Prabowo Subianto. Dia siap jadi oposisi, jika Prabowo menang jadi presiden namun tak amanah menjalankan program tersebut.

Budiman mengatakan, gagasan mengenai program kesejahteraan masyarakat yang diusulkan di antaranya mengenai hilirisasi, connectivity, dekarbonisasi, optimalisasi dana desa, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Oh iya, pasti iya dong (siap jadi oposisi). Pasti dong kalau Pak Prabowo tidak sepakati hilirisasi, digitalisasi, dekarbonisasi, connectivity, optamilasisai dana desa, kemudian sumber daya manusia," tutur dia saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga: Gerindra Buka Pintu jika Ganjar Gabung Koalisi Prabowo, Ini Syaratnya

1. Budiman tak paksakan gagasannya harus dijalankan Prabowo

Budiman Sudjatmiko Jadi Oposisi Prabowo Jika Gagasannya Banyak DitolakPolitikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati demikian, Budiman tak memaksakan gagasannya itu bisa dijalankan oleh Prabowo. Dia menuturkan, dari enam gagasan yang diusulkan, minimal tiga yang harus dijalankan.

"Kalau misalnya itu tidak dipenuhi, andai tidak dipenuhi lebih dari 75 persen, saya akan beroposisi. Tapi kalau misalnya dipenuhinya hanya 50 persen saya tetap masih akan dukung. Kalau misalkan dari 6 program yang saya usulkan, tiga di antaranya dikejar, saya tetap dukung," jelas Dewan Pembina Relawan Prabowo-Budiman Bersatu (Prabu) tersebut.

"Tapi kalau misalnya dari enam program itu, lima gak dijalankan ya ngapain (mendukung)," lanjut dia.

Baca Juga: Prabowo Sebut SBY Bikin Pondasi Kuat untuk Pembangunan Jokowi

2. Budiman Sudjatmiko yakin gagasannya banyak diterima Prabowo

Budiman Sudjatmiko Jadi Oposisi Prabowo Jika Gagasannya Banyak DitolakBudiman Sudjatmiko dan Prabowo Subianto (tengah) (Dok. Tim Media Prabowo)

Lebih lanjut, Budiman meyakini, gagasan program yang dibuat sejalan dengan pemikiran Prabowo. Sebab, salah satu alasan Budiman mendukung juga karena merasa cita-cita yang diperjuangkan sama.

"Tapi saya percaya kalau dilihat dari diskusi saya dengan beliau, lihat bukunya," ucap dia.

3. Empat program yang kemungkinan diakomodir

Budiman Sudjatmiko Jadi Oposisi Prabowo Jika Gagasannya Banyak DitolakBudiman Sudjatmiko (IDN Times/Rochmanudin)

Budiman lantas meyakini, ada empat program yang akan dipenuhi Prabowo, yakni terkait kualitas sumber daya manusia, optimasi dana desa, hilirisasi, hingga digitalisasi.

"Mungkin minimal sekali empat yang akan beliau pasti jalankan. Tidak akan kurang dari itu. Sumber daya manusia jelas, optimasi dana desa, hilirisasi, digitalisasi itu pasti akan dijalankan. Artinya minimal 4 akan dia jalankan," imbuh dia.

 

Baca Juga: Budiman Buka Suara Soal Foto Bareng Anies, JK, hingga Politisi NasDem

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya