Prabowo Sebut SBY Bikin Pondasi Kuat untuk Pembangunan Jokowi

Di kepemimpinan SBY, RI meraih banyak pencapaian penting

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto memuji kinerja Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjabat sebagai Presiden RI.

Dia menilai, SBY membuat pondasi kuat saat memimpin bangsa Indonesia. Sehingga Presiden Joko "Jokowi" Widodo bisa menghasilkan kelanjutan pembangunan.

"Keberhasilan Presiden SBY membuat pondasi yang kuat. Sehingga Presiden Joko Widodo sekarang dapat menghasilkan kelanjutan pembangunan bangsa," kata dia dalam pidato sambutan usai dideklarasikan sebagai capres oleh Demokrat, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023).

Prabowo menjelaskan, SBY dan Partai Demokrat telah memimpin Indonesia selama 10 tahun, yakni periode 2004 sampai 2014. 

Di masa kepemimpinan SBY, bangsa Indonesia telah mendapat berbagai pencapaian penting bagi pembangunan di Indonesia.

"Apapun orang mengatakan, itu terjadi di bawah kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau hadapi krisis-krisis yang luar biasa. Beliau berhasil membangun kembali daerah-daerah yang terdampak tsunami yang paling berat," tutur dia.

Di samping itu, Prabowo juga mengapresiasi kebijakan SBY yang telah meningkatkan pendapatan perkapita Indonesia.

"Beliau telah tingkatkan PDB kita per kapita hampir empat kali lipat, dari 1.000 dolar per kapita waktu beliau ambil alih, menjadi 3.700 dolar per kapita waktu beliau menyerahkan estafet kepemimpinan," ucap dia.

Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut juga menilai, SBY berhasil menurunkan rasio utang yang telah diwariskan kepemimpinan sebelumnya.

Kemudian, masuknya Indonesia ke dalam forum kerja sama multilateral G20 juga dinilai tak terlepas dari peran SBY.

"Beliau telah menurunkan rasio utang terhadap PDB dari di atas 50 persen, ke bawah 30 persen. Pertumbuhan di bawah beliau itu rata-rata lima persen, walau sempat mengalami krisis ekonomi global yang telah menghancurkan ekonomi negara-negara lain, tapi beliau menjaga hingga sekarang Indonesia masuk G20," imbuh Prabowo.

Baca Juga: AHY Resmi Deklarasikan Dukungan Demokrat ke Prabowo di Pemilu 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya