Dewan Pers Minta Jurnalis yang Nyaleg Harus Cuti

Berkaitan dengan etika dan independensi pemberitaan

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, menegaskan bahwa pekerja media alias jurnalis yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) harus cuti dari pekerjaannya.

Dia memastikan, Dewan Pers sudah menerbitkan imbauan itu kepada perusahaan media maupun jurnalis.

1. Jurnalis yang nyaleg diminta ambil cuti

Dewan Pers Minta Jurnalis yang Nyaleg Harus CutiIDN Times/Rochmanudin

Ninik menjelaskan, awak media yang maju sebagai caleg maupun terafiliasi parpol tertentu diminta agar mengambil cuti dari pekerjaannya. Sebab, yang bersangkutan dinilai akan sulit mengedepankan prinsip independensi.

"Dewan Pers sudah mengeluarkan surat edaran kepada wartawan yang akan berafilisasi ke parpol atau calon untuk mereka cuti karena nanti mereka tidak bisa independen," kata dia dalam Workshop Peliputan Pemilu 2024 yang digelar di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2023).

"Tidak hanya kalau dia jadi calon, tapi kalau dia jadi pendukung kontestan juga harus cuti," lanjut Ninik.

Baca Juga: Dewan Pers Wanti-wanti Politik Uang Berwujud Digital di Pemilu 2024

2. Jurnalis harus kedepankan independensi

Dewan Pers Minta Jurnalis yang Nyaleg Harus Cutiilustrasi jurnalis (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Ninik, pekerja media yang mengabarkan informasi kepada publik harus bisa mengedepankan independensi. Hal itu karena sudah menjadi syarat wajib yang harus diperhatikan setiap jurnalis.

"Karena syarat dari pekerja pers itu kan dia harus independen," tutur dia.

3. Jika ada yang melanggar harap dilaporkan

Dewan Pers Minta Jurnalis yang Nyaleg Harus CutiKetua Dewan Pers, Ninik Rahayu di acara Workshop Peliputan Pemilu 2024, Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dewan Pers juga meminta kepada para jurnalis untuk melaporkan jika menemukan rekannya sesama pekerja media tidak patuh terhadap imbauan itu.

Meski demikian, tak ada aturan pasti yang menyatakan jurnalis dilarang maju sebagai caleg. Hanya saja, kata Ninik, hal itu berkaitan dengan etika.

"Ini mohon kepada teman-teman jurnalis dan pemilik media melaporkan kalau ada jurnalis sendiri yang tidak patuh, ini kan soal etik bukan soal penegakan hukum. Malu kalau etik. Dalam konteks ini etika jurnalis adalah dia tidak melakukan aktivitas yang membuat dia tidak independen," tutur dia.

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Dewan Pers: Jangan Hanya Ngomong Kebebasan Pers

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya