Didukung Pemilih Muda, Peluang Prabowo-Gibran Menang Dinilai Besar

Prabowo-Gibran dekati anak muda lewat berbagai program

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dinilai berpotensi menang di Pemilu 2024. Pasangan itu dinilai bakal mendapat dukungan besar dari pemilih muda.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ahmad Norma Permata menuturkan duet Prabowo - Gibran punya instrumen politik yang kuat. Pasangan itu juga berpotensi meraih dukungan dari anak muda sebagai pemilih mayoritas di 2024.

“Kalau saya tentu peluang Prabowo–Gibran paling besar karena Prabowo punya instrumen politik. Selain itu dukungan anak muda sangat kuat mengarah kepada Prabowo,” kata Norma dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga: Kampanye Caleg di Medsos, Pejabat Pemprov Banten Kena Sanksi

1. Prabowo-Gibran dinilai gaet suara anak muda melalui berbagai program

Didukung Pemilih Muda, Peluang Prabowo-Gibran Menang Dinilai BesarPrabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menumpang maung ke KPU. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Prabowo - Gibran berpotensi mendapatkan banyak limpahan suara dari para pemilih muda. Sebab, pasangan itu berupaya peduli dengan menyiapkan berbagai program yang menjawab berbagai permasalahan anak muda.

Adapun program itu di antaranya, kredit start up milenial untuk menumbuhkan lapangan keja sekaligus menguatkan peran generasi muda dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu juga untuk yang masih sekolah, Prabowo–Gibran menyiapkan makanan dan minum susu gratis.

Maka dari itu, dengan program yang berpihak kepada anak muda, peluang Prabowo-Gibranq meraup dukungan suara mayoritas anak muda, semakin besar.

“Salah satunya survei Indikator Politik Indonesia terbaru yang merekam Prabowo – Gibran adalah pasangan pilihan utama Gen Z dengan raihan 37,8 persen,” tutur Norma.

Baca Juga: Relawan Prabowo-Gibran Kenalkan Dana Abadi Kebudayaan

2. Prabowo - Gibran potensial dapat limpahan suara pendukung Anies - Muhaimin

Didukung Pemilih Muda, Peluang Prabowo-Gibran Menang Dinilai BesarBacapres dan Bacawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat menghadiri jalan sehat sarungan di Jember, Jawa Timur. (IDN Times/dok. Istimewa)

Selain didukung anak muda, Norma memprediksi, peluang Prabowo – Gibran memang di Pilpres 2024 semakin besar karena potensial mendapatkan limpahan suara dari pendukung Anies – Muhaimin.

“Tetapi seandainya dua putaran saya kira peluang Prabowo tetap lebih besar. Sebab, apabila Anies yang kalah, maka pengikut Anies tentu akan lebih banyak yang ke Prabowo karena dulunya mereka pendukung Prabowo pada Pemilu 2019,” ujar Norma.

Baca Juga: Dukungan Erick Thohir Berpotensi Dongkrak Elektabilitas Prabowo-Gibran

3. Survei: Prabowo unggul di kalangan pemilih milenial dan Gen Z

Didukung Pemilih Muda, Peluang Prabowo-Gibran Menang Dinilai BesarIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, berdasarkan survei terbaru Indikator Politik Indonesia, Prabowo menjadi calon presiden (capres) yang meraih mayoritas dukungan dari milenial dan generasi Z pada Pilpres 2024.

“Di kategori generasi Z dan generasi milenial Pak Prabowo itu mendapatkan dukungan yang tinggi dibanding dua capres lainnya Pak Ganjar dan Mas Anies,” kata Peneliti Senior Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro dalam keterangannya pada Senin (30/10/2023).

Berdasarkan elektabilitas yang dirilis dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia (IPI), Prabowo mendapatkan dukungan tertinggi.

Di dalam survei tersebut, perolehan suara Prabowo di atas capres PDIP Ganjar Pranowo dan capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Prabowo mendapatkan dukungan tertinggi dari generasi Z atau pemilih yang berada di rentang usia kurang dari 26 tahun dengan total dukungan mencapai 38,1 persen. Diikuti Ganjar dengan 34,8 persen dan Anies yang berada di peringkat ketiga dengan 22,7 persen.

Senada, Prabowo juga menduduki posisi pertama dari para pemilih yang berada di klaster milenial atau yang berusia 27 sampai 42 tahun. Di kalangan milenial, Prabowo meraih banyak dukungan dengan jumlah suara mencapai 38,9 persen, disusul Ganjar dengan 32,7 persen, dan Anies 23,8 persen.

Di sisi lain, Bawono menegaskan, dengan menggandeng Gibran, Prabowo bisa mendapatkan dukungan suara dari dua kelompok demografi, yakni generasi z dan milenial.

"Prabowo–Gibran berpotensi mendapatkan dukungan tertinggi dari pemilih muda dan milenial yang akan ikut berpartisipasi pada Pilpres 2024 mendatang," ucap dia.

Di survei yang sama, pasangan Prabowo – Gibran juga berhasil mendapatkan dukungan tertinggi dari generasi Z dan milenial. Di klaster generasi Z, Prabowo – Gibran suskes meraih dukungan tertinggi dengan total suara mencapai 37,8 persen, diikuti pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD dengan 32,7 persen dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan 24,5 persen.

Kemudian, pada kelompok milenial atau yang berada di rentang usia 27 – 42 tahun, Prabowo – Gibran berhasil mendapatkan dukungan terbesar dengan total 37,1 persen. Dikuntit oleh Ganjar – Mahfud MD dengan 31,5 persen dan Anies – Muhaimin dengan 25,6 persen.

“Jadi memang ke depan mungkin saja dengan menggandeng Mas Gibran ini akan menguatkan basis Pak Prabowo di dua demografi kelompok pemilih ini di generasi Z dan milenial,” ujar Bawono.

Untuk diketahui, survei tersebut digelar pada 16 sampai 20 Oktober 2023. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 2.567 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Survei itu memiliki margin of error 1,97 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya