Dukungan Lintas Basis Massa Dongkrak Elektabilitas Erick Thohir

Erick Thohir dinilai punya logistik kuat

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai cawapres dinilai relatif meningkat jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Djuanda, Gotfridus Goris Seran, menuturkan, capaian itu menjadi daya tarik bagi capres menentukan pasangannya pada pemilihan presiden (pilpres).

“Erick Thohir potensial menjadi cawapres karena mempunyai kekuatan elektoral yang mampu mendongkrak naik capres untuk memenangkan Pilpres 2024,” ujar Goris dalam keterangannya, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga: Pendukung Anies Gelar Musyawarah Reboan, Ini Isu yang Dibahas

1. Erick Thohir didukung lintas basis massa

Dukungan Lintas Basis Massa Dongkrak Elektabilitas Erick ThohirKetua Umum PSSI, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Goris mengatakan, elektabilitas Erick Thohir meningkat karena didukung lintas basis massa.

Anggota Kehormatan Banser NU itu diuntungkan lantaran posisinya yang merupakan figur independen dan nonparpol. Dengan demikian, hal itu menjadikannya sosok yang bisa mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.

“Pertama, adanya basis dukungan yang sifatnya mengakar dan lintas basis/cross-cutting seperti partai, NU, dan generasi muda,” ucap dia.

Baca Juga: Prabowo Bela Jokowi soal Hinaan Rocky Gerung

2. Dinilai punya kapabilitas kepemimpinan dan logistik

Dukungan Lintas Basis Massa Dongkrak Elektabilitas Erick Thohirilustrasi pemimpin (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, elektabilitas Erick Thohir juga dipengaruhi oleh sosoknya yang dikenal punya kapabilitas kepemimpinan luar biasa. Citra positif itu didapat saat dia menjabat sebagai Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI.

Gori menjelaskan, Erick Thohir juga punya dukungan logistik yang memumpuni.

“Kedua, dimilikinya kapabilitas kepemimpinan, profesional, kelola usaha negara, dan dukungan logistik,” tutur dia.

Baca Juga: KPU Pastikan Gugatan Batas Usia Capres-Cawapres Tak Ganggu Pemilu 2024

3. Erick Thohir figur yang berada di lingkaran Jokowi

Dukungan Lintas Basis Massa Dongkrak Elektabilitas Erick ThohirPresiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat menyaksikan laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Lebih lanjut, Goris meyakini elektabilitas Erick Thohir yang tinggi juga salah satunya dikarenakan adanya sinyal dukungan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Keduanya tampak beberapa kali melakukan kunjungan kerja bersama. Publik pun menilai sosoknya sebagai orang dekat Jokowi.

“Ketiga, hadirnya dukungan politik dari incumbent atau faktor Jokowi,” tutur dia.

Sebelumnya, dalam survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas tinggi Erick Thohir terbukti memberikan dampak yang signifikan kepada capres yang akan berpasangan pada pesta demokrasi lima tahunan mendatang. 

Dari simulasi lima nama cawapres, Erick Thohir terbukti unggul dari nama lain seperti Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno. Dia mendapatkan raihan suara sebesar 22,9 persen. 

Kemudian, Ridwan Kamil mendapat suara sebesar 20,1 persen dan Sandiaga Uno yang meraup dukungan sebesar 17,5 persen. 

Sementara, dalam simulasi pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024, jika Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto berpasangan dengan Erick Thohir, maka daya elektoral pasangan tersebut unggul dari kandidat calon pasangan yang lain. 

Dalam survei tersebut, jika Prabowo Subianto berpasangan dengan Erick Thohir, pasangan itu akan mendapatkan dukungan suara sebesar 35,7 persen. Adapun peringkat kedua ditempati oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno dengan elektabilitas 35,1 persen.

Kemudian, posisi ketiga, pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono mengumpulkan suara sebesar 21,4 persen. 

Adapun survei Indikator Politik digelar pada 20 sampai 24 Juni 2023 secara tatap muka. Survei dilakukan terhadap 1.220 responden dari seluruh provinsi dengan usia minimal 17 tahun atau sudah bisa mengikuti pemilu.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Elektabilitas Erick Thohir Naik Jelang Pemilu 2024, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya