Elektabilitas PAN Dinilai Menguat Berkat Kinerja Mendag Zulhas

Sosialisasi lagu PAN dinilai efektif

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) jelang Pemilu 2024 dinilai naik berkat kinerja Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Pengamat dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komaruddin menilai Zulkifli Hasan menjalankan amanat Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut dengan baik.

"Jadi memang ketika Zulhasnya menjadi menteri, perkembangan PAN larinya kencang, progresif dalam menatap Pemilu 2024," kata Ujang dalam keterangannya, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Jadi Parpol Terbuka, PAN Dinilai Berpotensi Raup Suara Besar di Pemilu

1. Sosialisasi PAN ke masyarakat dinilai efektif

Elektabilitas PAN Dinilai Menguat Berkat Kinerja Mendag ZulhasIlustrasi (IDN Times/Galih Persiana)

Selain itu, kata Ujang, pergerakan PAN yang masif dalam menyampaikan sosialisasi juga mempengaruhi elektabilitas partai berlogo matahari tersebut stabil.

Pergerakan sosialisasi PAN dianggap berhasil mencuri perhatian, seperti melalui jingle lagu 'PAN, PAN, PAN terdepan'.

"Jadi saya melihat elektabilitasnya itu stabil, itu karena pergerakan-pergerakan PAN saat ini sangat masif," tutur Ujang.

Baca Juga: Kinerja Mendag Dongkrak Elektabilitas PAN, Zulhas: Hasil Kerja Kader

2. Zulhas nilai elektabilitas meningkat hasil kerja keras semua kader

Elektabilitas PAN Dinilai Menguat Berkat Kinerja Mendag ZulhasKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Zulhas menyambut baik hasil sejumlah lembaga survei yang menunjukkan tren kenaikan elektabilitas partainya. Dia menegaskan, hasil survei tersebut harus dijadikan masukan yang baik bagi partainya sebagai acuan membuat program kerja.

Menurut Zulhas, elektabilitas itu bisa jadi acuan untuk meraih kemenangan di Pemilu 2024. Dia mengatakan, pencapaian di survei merupakan kerja keras semua kader PAN.

"Insight menarik tentang survei dan tren elektabilitas parpol. PAN selalu melihat survei sebagai dua hal, pertama evaluasi, kedua acuan serta pemicu semangat agar kinerja kedepan semakin baik," kata dia di Jakarta.

Zulhas mengingatkan, para kader tak terlena dengan hasil survei. Para kader diminta lebih gigih bekerja agar bisa merealisasikan temuan hasil survei itu.

"Tentu para kader harus bisa memastikan hasil baik ini dengan memenangkan hati rakyat secara sungguh-sungguh dalam pemilu. Jangan sampai terlena, karena butuh kerja sama tim yang baik untuk menang," ucap dia.

Baca Juga: PAN Nilai Nasib Honorer Bisa Menggantung Akibat Marketplace Guru

3. Survei IPO: Elektabilitas PAN kalahkan PKS, PPP, Perindo

Elektabilitas PAN Dinilai Menguat Berkat Kinerja Mendag ZulhasIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, dalam hasil survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO) tercatat elektabilitas PAN berada di angka sebesar 5,0 persen.

Torehan tersebut membuat PAN mengalahkan partai-partai besar lain seperti PKS, PPP dan Perindo.

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah mengatakan elektabilitas PAN bisa meningkat karena didongkrak kinerja positif Zulkifli Hasan sebagai Mendag.

Hal ini terlihat dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap Kementerian Perdagangan yang meraih 52,1 persen.

"PAN saat ini alami perubahan signifikan, berkat Zulkifli Hasan yang berhasil membawa PAN lebih terbuka. Tentu, ini kabar baik karena ada semacam perluasan target pemilihan PAN," kata Dedi.

PAN dinilai konsisten mengalami kenaikan secara terus-menerus seiring waktu mendekati ajang Pemilu 2024. Apalagi saat ini di PAN memiliki pendukung baru yakni generasi milenial yang berpotensi meningkatkan elektoral.

Sekadar informasi, pencapaian positif PAN juga ditunjukkan dari hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 26 sampai 30 Mei. Elektabilitas PAN menempati urutan delapan dengan perolehan sebesar 3,1 persen. Angka tersebut menunjukkan kenaikan, di mana pada rilis Indikator Politik Indonesia periode 30 April sampai 5 Mei sebelumnya, elektabilitas PAN sebesar 2,7 persen.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya