Erick Thohir Cawapres Potensial, Dinilai Bisa Booster Elektabilitas

Bisa dongkrak elektabilitas jadi modal Erick Thohir di 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir, dinilai sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) potensial pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi, menuturkan, Erick Thohir mampu menjadi booster elektabilitas bagi capres yang didampinginya.

"Tentu saja dengan segenap potensi yang dimiliki, Erick Thohir cukup menjanjikan sebagai cawapres potensial pada 2024," kata dia dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: Survei: Masyarakat Jatim Pilih Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo

1. Dinilai bisa jadi booster elektabilitas

Erick Thohir Cawapres Potensial, Dinilai Bisa Booster ElektabilitasIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Reza mengatakan, popularitas Erick Thohir di kalangan publik dinilai bisa dimanfaatkan oleh capres yang akan meminangnya.

Menurutnya, Ketua Umum PSSI tersebut merupakan sosok yang mampu menjaga basis pendukung di berbagai kalangan masyarakat.

Dengan keahlian tersebut, kata Reza, Erick Thohir kemungkinan besar dapat menawarkan elektoral terhadap kandidat capres yang memboyongnya sebagai cawapres.

Anggota Kehormatan Banser ini dinilai sebagai individu yang sangat bisa menjadi booster elektabilitas bagi setiap capres karena memiliki basis pendukung yang kuat di kalangan akar rumput.

"Erick Thohir sebagai kandidat cawapres bisa menjadi electability booster bagi calon pasangan capresnya," ujar Ade.

Baca Juga: Erick Thohir Minta BUMN Skrining Pegawai Terkait Terorisme

2. Jadi modal Erick Thohir tawarkan posisi sebagai cawapres

Erick Thohir Cawapres Potensial, Dinilai Bisa Booster ElektabilitasMenteri BUMN, Erick Thohir usai menghadiri Kompleks Parlemen, di Jakarta, Rabu (16/8/2023). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Reza mengungkapkan, besarnya dukungan masyarakat terhadap sosok Erick Thohir itu bisa berdampak positif terhadap elektabilitasnya dan juga memberikan elektoral tambahan.

Tentunya hal tersebut bisa menjadi modal untuk negosiasi Erick Thohir dengan partai politik manapun yang akan mengusungnya.

"Ini dapat menjadi modal politik dan sekaligus insentif elektoral yang penting dalam negosiasi dengan koalisi parpol pengusung," tutur dia.

Baca Juga: Bamsoet Dorong Perlunya Pokok-Pokok Haluan Negara Usai Pemilu 2024

3. Erick Thohir bisa gaet suara luar Jawa

Erick Thohir Cawapres Potensial, Dinilai Bisa Booster ElektabilitasDoc. IDN Times

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, mengatakan, Erick Thohir potensial mendongkrak elektoral jika dipasangkan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Diketahui, Prabowo dideklarasikan oleh PBB, PKB, PAN, dan Golkar sebagai capres. Sementara itu, PAN mengusulkan Erick Thohir maju menjadi cawapres.

Ujang menilai, keduanya potensial mendongkrak elektoral karena Prabowo dan Erick Thohir bisa menjangkau seluruh pemilih secara merata.

Prabowo mampu menarik pemilih di Jawa, sedangkan Eks Presiden Inter Milan tersebut di luar Jawa.

"Jika Prabowo dan Erick ini dipasangkan, maka bisa saja elektoralnya tinggi karena Prabowo ini berasal dari Jawa, sementara Erick Thohir lahir dari luar pulau Jawa," kata Ujang dalam keterangannya.

Erick Thohir merupakan sosok pemimpin berdarah Sumatra yakni berasal dari Lampung. Sementara, Prabowo yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah merupakan anak ketiga dari Soemitro Djojohadikusumo.

Oleh sebab itu, kata Ujang, Prabowo-Erick Thohir ini bisa saja saling melengkapi. Bahkan keduanya memiliki pengalaman di pemerintahan pusat sebagai menteri dari kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi.

Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI dan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN. Keduanya salah satu menteri yang sering diajak Jokowi kunjugan kerja ke berbagai daerah.

"Prabowo-Erick Thohir itu saling melengkapi, misal saja Prabowo di bagian pertahanan sementara Erick Thohir di perekonomian, keduannya memiliki keunggulan dan di situ sudah banyak prestasi yang didapat," ungkap Ujang.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Ini Alasan Pak Bas Iseng ke Erick Thohir Saat HUT ke-78 RI di Istana

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya