Erick Thohir Dinilai Makin Moncer Berkat Dekat Jokowi

Jokowi dan Erick Thohir dekat secara personal

Jakarta, IDN Times - Kandidasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, sebagai calon wakil presiden (cawapres) menguat jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Diketahui, Erick jadi figur yang ditawarkan PAN menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto sebagai capres pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Survei LSI: Masyarakat Puas dengan Kinerja Erick Thohir di PSSI

1. Kedekatan dengan Jokowi dongkrak kandidasi Erick Thohir pada 2024

Erick Thohir Dinilai Makin Moncer Berkat Dekat Jokowiilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Salahudin, mengatakan kandidasi mantan Presiden Inter Milan tersebut meningkat karena citranya yang dikenal dekat dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Erick juga jadi salah satu menteri yang diandalkan dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.

“Antara Jokowi dan Erick Thohir, publik tahu bahwa Erick Thohir salah satu menteri yang diandalkan oleh Pak Jokowi adalah Erick Thohir,” kata Salahudin dalam keterangannya, Kamis (24/8/2023).

2. Jokowi dan Erick Thohir dekat secara personal

Erick Thohir Dinilai Makin Moncer Berkat Dekat JokowiPresiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan), Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) dan istri Elizabeth Tjandra menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat menyaksikan laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Salahudin mengungkapkan, kedekatan yang terjalin antara Jokowi dan Ketua Umum PSSI itu memang lebih dekat daripada menteri lain di Kabinet Indonesia Maju. Contohnya, Erick mendapatkan penugasan di ranah personal Jokowi sebagai Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono di Kota Solo.

“Kalau ditanya seberapa jauh kedekatannya, tentu kita bisa mengatakan ya tentu lebih dekat dibandingkan menteri-menteri yang lainnya,” kata dia.

Baca Juga: Menteri Berprestasi, Duet Prabowo-Erick Thohir Potensial pada 2024

3. Dianggap sebagai sinyal dukungan di 2024

Erick Thohir Dinilai Makin Moncer Berkat Dekat JokowiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, kata Salahudin, kedekatan yang terjalin antara Erick dan Jokowi belakangan ini memang dianggap publik sebagai bentuk sinyal dukungan.

Selain itu, Erick juga memang memiliki peran tersendiri bagi Jokowi, baik sebelum maupun setelah masuk gerbong pemerintahan. Dia punya andil dalam menyukseskan gelaran Asian Games 2018, lalu juga menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional bagi Jokowi -Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Tak heran jika Erick Thohir dianggap sebagai sosok yang bisa melanjutkan program dan pemerintahan Jokowi sebagai cawapres.

“Apakah kedekatan hari ini, kedekatan Jokowi dengan Erick Thohir itu menunjukkan bahwa Jokowi mendukung Erick Thohir untuk menjadi cawapres, ya tentu,” pungkas Salahudin.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/_-OnLj0kmf4

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya