Format Debat Pilpres Berubah, Saat Debat Cawapres Didampingi Capres

Format debat Pilpres 2024 berbeda dengan Pilpres 2019

Jakarta, IDN Times - Format debat calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan berbeda dengan format debat pada Pilpres 2019 lalu. Hal ini dipastikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pada Pilpres 2019 lalu, debat capres-cawapres digelar sebanyak lima sesi. Dengan pembagian, satu sesi debat khusus cawapres, dua sesi khusus capres, dan dua sesi dihadiri capres-cawapres.

Sedangkan pada Pilpres 2024, debat capres-cawapres tetap lima sesi, namun komposisinya berubah. Debat capres ada tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Pada debat Pilpres 2024, cawapres turut mendampingi pasangannya saat debat capres. Begitu juga sebaliknya saat debat cawapres.

Meski didampingi, proporsi bicara dan debat tersebut dibatasi tergantung agenda debat hari itu. Misalnya, dalam debat capres, porsi capres berbicara akan lebih banyak ketimbang cawapres. Begitu pula sebaliknya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, dalam debat nanti capres-cawapres akan berdampingan, agar pemilih dapat melihat kekompakan dan kerja sama masing-masing pasangan calon (paslon).

"Supaya publik makin yakin lah teamwork (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata dia.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

1. Tema debat capres-cawapres

Format Debat Pilpres Berubah, Saat Debat Cawapres Didampingi Capresilustrasi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

KPU juga menetapkan lima tema debat capres-cawapres pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tema debat capres-cawapres itu akan membahas berbagai isu berbeda di setiap sesinya. Adapun debat akan digelar selama lima kali di Jakarta.

Berikut ini tema debat capres-cawapres pada Pemilu 2024:

- Debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.
- Debat kedua: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.
- Debat ketiga: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.
- Debat keempat: Energi, SDA, SMN, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyrakat Adat.
- Debat kelima: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

2. Jadwal lengkap debat capres dan cawapres

Format Debat Pilpres Berubah, Saat Debat Cawapres Didampingi Capresilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Berikut ini jadwal lima debat capres dan cawapres:

1. Selasa, 12 Desember 2023
2. Jumat, 22 Desember 2023
3. Minggu, 7 Januari 2024
4. Minggu, 21 Januari 2024
5. Minggu, 4 Februari 2024

Baca Juga: Disebut KPU Pegang Data Pemilih yang Diduga Bocor, Ini Respons Bawaslu

3. Debat capres-cawapres akan dibuat lebih menarik

Format Debat Pilpres Berubah, Saat Debat Cawapres Didampingi Capresilustrasi Calon Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, KPU menggelar diskusi dengan sejumlah pihak untuk merumuskan tema dan isu strategis, terkait pelaksanaan debat pasangan capres dan cawapres dalam Pemilu 2024.

Adapun sejumlah lembaga yang diundang di antaranya perwakilan dari Kemendagri, Walhi, Kemenaker, Menko PMK, IESR, Fisipol UGM, Bappenas, Kemenko Perekonomian, hingga perwakilan pasangan capres-cawapres.

Ketua KPU Hasyim Asyari menuturkan, pihaknya meminta masukan dari berbagai pihak agar jalannya debat lebih berkualitas. Dia tak memungkiri, debat capres dan cawapres yang digelar KPU kerap menuai kritik dari masyarakat.

"Oleh karena itu, mohon bantuan bapak ibu untuk memberikan masukan kepada kami tentang metode yang pas, yang tepat. Yang kemudian debatnya sering kali kan dikritik debatnya kayak cerdas cermat ya kira-kira begitu," kata Hasyim dalam sambutan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 29 November 2023.

Diketahui, KPU RI memberikan waktu kampanye 75 hari kepada tiga pasangan capres-cawapres, mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11 Februari sampai 13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya