Gelar Festival, PAN Ajak Pelaku UMKM Lokal Berpartisipasi

PAN gelar turnamen bertajuk PANtura

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan akan terus menggelar kegiatan festival yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

PAN berharap, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal bisa berpartisipasi dalam festival dan meningkatkan penjualan. Kegiatan itu diharapkan bisa berdampak positif terhadap roda perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Selain Erick Thohir, PAN Usul Muhadjir Effendy Jadi Cawapres Prabowo

1. PANtura libatkan UMKM

Gelar Festival, PAN Ajak Pelaku UMKM Lokal BerpartisipasiSekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno (tengah) dalam konferensi pers acara PANtura (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Waketum PUAN PAN, Putri Zulkifli Hasan memastikan, pelaku UMKM juga dilibatkan dalam acara PAN Turnamen atau PANtura. Kegiatan itu digelar sebagai bagian perayaan ulang tahun ke-25 PAN.

Putri mengeklaim, pelaku UMKM bisa memanfaatkan kegiatan itu untuk menjual produknya kepada masyarakat. Putri menjamin para UMKM bisa mengikuti kegiatan itu tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Kami mengundang kalian para pelaku UMKM untuk ikut serta dalam acara PANtura, kami akan menyediakan booth gratis untuk pelaku UMKM yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Putri dalam keterangannya, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: PAN Sebut Elektabilitas Naik Berkat Kader Terjun Langsung Bantu Warga

2. Pelaku UMKM lokal dinilai punya peran besar

Gelar Festival, PAN Ajak Pelaku UMKM Lokal BerpartisipasiIlustrasi ekonomi (IDN Times/Sukma Shakti)

Putri menegaskan, program ini sesuai dengan perjuangan PAN. Menurutnya, memberdayakan pelaku UMKM lokal bisa berdampak besar bagi perekonomian Indonesia. 

Selain itu, PAN mengapresiasi UMKM yang menjual produk berkualitas dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat.

"Kegiatan ini sejalan dengan program PAN yang mencitai produk lokal. PAN juga mengajak masyarakat untuk menggunakan produk lokal agar mendorong UMKM menjadi ekonomi kerakyatan yang maju," ujar Putri.

Lebih lanjut, kata Putri, dalam beberapa bulan ke depan PAN akan menggelar kegiatan serupa yang melibatkan pelaku UMKM. Dia menegaskan, pertumbuhan UMKM lokal bisa membantu memperbaiki perekonomian masyarakat.

Baca Juga: PAN Sebut Ada Parpol Lain Akan Deklarasi Dukung Prabowo di Pemilu 2024

3. PANtura libatkan sejumlah artis

Gelar Festival, PAN Ajak Pelaku UMKM Lokal BerpartisipasiKetua DPP PAN, Zita Anjani (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Ketua Panitia PANtura, Zita Anjani menuturkan, acara itu akan diikuti oleh sejumlah artis terkenal dan kader PAN dari seluruh Indonesia.

"Kini di usianya yang ke-25 tahun, PAN menggelar sebuah acara bertajuk PANtura yang merupakan singkatan dari PAN Turnamen. Dengan tujuan mengangkat kembali permainan tradisional yang sudah banyak dilupakan di era digital ini, PANtura akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2023," ujar dia di Uncle Z Kopitiam, Senopati, Jakarta, Sabtu (26/8/2023).

Zita mengatakannya, permainan tradisional yang akan digelar di PANtura di antaranya tarik tambang, lomba bakiak, balap karung, hingga galasin. Kemudian, di barisan pengisi acara, akan dimeriahkan band Ungu dan Tofu, serta penampilan penutup dari DJ Athalla.

“Permainan tradisional yang akan dilombakan di PANtura tentu saja akan ada sedikit modifikasi aturan agar lebih menantang bagi peserta dan jadi lebih seru bagi penonton. Apalagi PANtura akan dipandu oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai MC," ucap Zita.

Zita juga mengatakan, peserta perlombaan tersebut akan dibagi 12 kelompok yang diketuai oleh para kader senior PAN, seperti Eddy Soeparno, Yandri Susanto, Bima Arya, Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Rizky Sadiq, Dessy Ratnasari, Zita Anjani, Sigit Purnomo (Pasha Ungu), hingga Rosaline.

Selain itu dihadiri pula sejumlah figur yang baru bergabung dengan PAN seperti Surya Utama (Uya Kuya), Verrell Bramasta, hingga Tom Liwafa.

Lebih lanjut, Zita menyatakan kegiatan tersebut sekaligus menyambut semakin dekatnya tahun pemilu 2024.

Dia menegaskan, dengan digelarnya PANtura, PAN akan terus menggaungkan semangat pemilu damai serta menjunjung tinggi sportivitas.

"Gelaran PANtura ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun PAN ke-25. Sebelumnya, di tanggal 28 Agustus akan diadakan Workshop Partai Amanat Nasional yang diikuti oleh lebih dari 3.000 kader di Jakarta," imbuh Zita.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya