Wapres: Penduduk Surga Kebanyakan Orang Indonesia

Karena orang Indonesia sering ucap laa ilaha illallah

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin hadir dalam acara Haul KH Aqil Siroj ke-34, Tasyakkur Khotmil Qur’an dan Juz Amma di Pondok Pesantren KHAS Kempek, Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (26/08/2023). Dalam pidatonya, Ma'ruf Amin menyampaikan penduduk surga paling banyak adalah orang Indonesia.

Mulanya, Ma'ruf menyampaikan kalau santri bisa menjadi apa saja. Tidak harus menjadi kiai.

"Saya bangga kalau saya menjadi santri. Ternyata santri itu bisa menjadi apa saja. Bisa jadi camat, bisa jadi bupati, bisa jadi gubernur, bisa jadi menteri, bisa jadi presiden, bisa jadi wakil presiden. Bisa apa saja. Nah, Gus Dur itu kan Presiden. Santri bukan? Santri. Bisa jadi wakil presiden. Mudah-mudahan nanti ke depan santri Kempek ada yang nanti jadi presiden juga nanti ke depan. Amin," ujar Ma'ruf.

Baca Juga: China Gelar Latihan Militer, Respons Kunjungan Wapres Taiwan ke AS

1. Ma'ruf Amin ceritakan cucunya ingin menjadi tentara setelah lulus dari pesantren

Wapres: Penduduk Surga Kebanyakan Orang IndonesiaWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin menceritakan cucunya ingin menjadi tentara setelah lulus dari pesantren. Dia mengatakan, keinginannya pun terkabul dan saat ini sedang menempuh pendidikan di akademi militer (akmil).

"Saya punya cucu, mondok (pesantren), sekolah aliyah, begitu lulus aliyah dia minta jadi tentara. Sekarang sedang ada di akademi militer. Itu santri. Saya bilang biarlah cucu saya gak jadi kiai yang penting jadi jenderal nantinya. Oleh karena itu, kita harap ke depan santri-santri ini mengisi tempat-tempat yang memang untuk membangun umat," ucap dia.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Pakai Baju Adat Betawi di Sidang Tahunan MPR 2023

2. Orang Indonesia paling banyak ucap laa ilaha illallah

Wapres: Penduduk Surga Kebanyakan Orang IndonesiaWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan, Indonesia negara dengan mayoritas warganya beragama Islam. Oleh karena itu, warganya dianggap paling banyak mengucapkan laa ilaha illallah.

"Para ulama, para aulia dulu itu dalam waktu yang singkat membuat Indonesia ini adalah negara yang paling banyak mengucapkan kalimat laa ilaha illallaah di seluruh dunia. Ada datanya. RRT (Republik Rakyat Tiongkok) itu memang satu setengah miliar penduduknya, tapi umat Islam-nya cuma 22 juta. India juga begitu. Nah, Indonesia ini lebih dari 200 juta. Jadi ini adalah berkat pesantren-pesantren itu," kata dia

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Pakai Baju Adat Sumbar di HUT ke-78 RI

3. Orang Indonesia paling banyak masuk surga

Wapres: Penduduk Surga Kebanyakan Orang IndonesiaWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Oleh sebab itu, Ma'ruf Amin menyebut orang Indonesia nantinya paling banyak menjadi penduduk surga. Sebab, paling banyak mengucapkan laa ilaha illallah.

"Oleh karena itu, saya katakan penduduk surga itu nantinya kebanyakan orang Indonesia. Karena yang banyak mengucapkan kalimat laa ilaha illallaah orang Indonesia. Kata Nabi, barang siapa yang mengucapkan laa ilaha illallaah akan masuk surga. Jadi di sana banyak orang Cirebon masuk surga itu. Cuma masuknya ada yang beda-beda. Ada yang langsung, ada yang digoreng-goreng dulu. Tinggal maunya digoreng dulu apa mau langsung? Kalau langsung jangan maksiat. Insyaallah langsung semua," ujar dia.

Ma'ruf mengatakan, pesantren juga menjadi benteng terakhir untuk menjaga umat.

"Buktinya apa? Ratusan tahun dijajah Belanda, mayoritasnya tidak hilang. Di negara lain banyak kalau dijajah hilang. Manusia itu biasanya menurut penguasanya. Tapi Indonesia tidak. Walaupun penguasanya bukan muslim, tetapi masyarakatnya (tetap mayoritas muslim). Karena apa? Karena ada pesantren-pesantren yang menjaga umat itu. Ini saya kira hal yang harus kita pertahankan dan kita hidupkan terus," ucapnya.

Baca Juga: Wapres Maruf: Pertanian Indonesia Tumbuh dan Tangguh

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya