Hari Akhir Rakernas PDIP Megawati Siap Beri Kejutan, Umumkan Capres?

Megawati disebut persiapkan kejutan di penutup rakernas

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menegaskan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal memberikan kejutan di hari terakhir Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, Kamis (23/6/2022).

Hasto mengatakan, Megawati selalu mempertimbangkan dengan matang setiap langkah yang dilakukan PDIP. Salah satunya, menunggu momentum yang tepat.

"Ibu Megawati Soekarnoputri selalu melakukan kalkuasi yang mendalam, selalu melihat momemtum," ujar Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

1. Megawati akan berikan kejutan

Hari Akhir Rakernas PDIP Megawati Siap Beri Kejutan, Umumkan Capres?Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di sekolah partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Megawati, sebagai orang nomor satu di PDIP, memiliki hak prerogatif dalam menentukan arah partai. Bahkan sosoknya juga dikenal sering memberikan kejutan politik.

Salah satunya momen 2018 lalu, ketika Megawati mengusung Joko "Jokowi" Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Berdasarkan pengalaman tahun 2018 silam, Megawati secara tiba-tiba menjelang akhir pembacaan penutupan rakernas, tiba-tiba Bu Megawati Soekarnoputri mengumumkan Pak Jokowi pada periode yang kedua," kata Hasto.

Baca Juga: PDIP Tegaskan Dana Rp27 M dari Pemerintah Tak Dipakai Buat Kampanye

2. Hak prerogatif Megawati dalam menentukan arah PDIP

Hari Akhir Rakernas PDIP Megawati Siap Beri Kejutan, Umumkan Capres?ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Hasto menilai, sikap Megawati itu sebagai bentuk kematangan pemimpin partai dalam berpolitik.

Dia kembali menegaskan, PDIP bergerak selaras dengan arahan dari Megawati.

"Itu dari dari rakernas yang kedua pada tahun 2018. Itu menunjukan, bagaimana selain melakukan kalkulasi yang matang, Mega itu juga sering menampilkan suatu hal yang sifatnya surprise, ada element of surprise yang ditampilkan oleh beliau. Karena hak prerogatif ada di ibu ketum, maka tentu saja seluruh kalkulasi pertimbangan yang matang itu berada di tangan beliau," tutur dia.

3. PDIP bakal umumkan capres?

Hari Akhir Rakernas PDIP Megawati Siap Beri Kejutan, Umumkan Capres?ilustrasi PDI Perjuangan (IDN Times/Yosafat Diva)

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, memastikan pihaknya akan mengumumkan nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bakal diusung pada Pemilu 2024.

Daftar nama-nama capres akan menjadi salah satu agenda pembahasan dalam rakernas PDIP yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Selasa-Kamis (21-23/6/2022). 

Puan memastikan, sebagai partai pemegang kursi terbanyak di parlemen, nama yang bakal diusung di 2024 menjadi agenda penting untuk dibahas.

"Partai yang saat ini punya kursi cukup, pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah-masalah penting untuk bangsa dan negara. Salah satunya ya nama-nama, mungkin calon-calon yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," kata Puan.

Baca Juga: Jengkel PDIP Dituding Partai Komunis, Megawati: Saya Bingung!

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya