Hary Tanoe Bersama Istri dan 4 Anaknya Ikut Nyaleg di Pileg 2024

Ini namanya keluarga legislatif!

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Hary Tanoesoedibjo, bersama keluarganya ikut meramaikan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Berdasarkan data Daftar Calon Sementara (DCS) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hary Tanoe bersama istri dan empat anaknya terdaftar sebagai bakal caleg. Mereka kompak nyaleg melalui Perindo tetapi dengan daerah pemilihan (dapil) berbeda.

Baca Juga: Formappi: KPU Tidak Cermat Jumlahkan Caleg di DCS

1. Hary Tanoe maju di Dapil Banten III, istrinya di DKI Jakarta III

Hary Tanoe Bersama Istri dan 4 Anaknya Ikut Nyaleg di Pileg 2024Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo (instagram.com/liliana_tanoesoedibjo)

Adapun, Hary Tanoe terdaftar sebagai bakal caleg dalam Dapil Banten III. Dia tercatat sebagai bacaleg dengan nomor urut pertama.

Sementara, istri Hary Tanoe, Liliana T. Tanoesoedibjo mengikuti kontestasi Pileg dari dapil DKI Jakarta II dengan nomor urut satu.

2. Empat anak Hary Tanoe maju melalui dapil berbeda

Hary Tanoe Bersama Istri dan 4 Anaknya Ikut Nyaleg di Pileg 2024Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Herliani Tanoesoedibjo. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selain itu, anak sulung Hary Tanoe, Angela Tanoesoedibjo akan maju di Dapil Jawa Timur I. Angela juga saat ini dipercaya menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Anak kedua Hary Tanoe, Valencia Tanoesoedibjo, maju melalui Dapil DKI Jakarta III. Angela dan Valencia sama-sama maju dengan nomor urut satu.

Sedangkan, Clarissa Tanoesoedibjo terdaftar di Dapil Jawa Barat II. Namun dia maju dengan nomor urut dua.

Terakhir, anak bungsu Hary Tanoe, Wareen Tanoesodibjo juga akan maju lewat Dapil Jawa Tengah I yang meliputi Kabupaten Kendal, Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

Baca Juga: Tahapan Daftar Calon Sementara, KPU Tetapkan 9.925 Bacaleg DPR RI

3. KPU tetapkan DCS

Hary Tanoe Bersama Istri dan 4 Anaknya Ikut Nyaleg di Pileg 2024Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari bersama Anggota KPU RI, Idham Holik saat memaparkan Daftar Caleg Sementara (DCS) di KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, KPU RI telah menetapkan DCS bakal caleg untuk Pileg 2024, sebanyak 9.919 orang. Mereka akan memperebutkan 580 kursi DPR RI.

Komisioner KPU RI, Idham Holik, memaparkan proses penetapan DCS hingga memenuhi syarat. Awalnya, dari pengajuan 18 partai politik pada 1 sampai 14 Mei 2023, dengan jumlah bakal caleg yang diajukan 10.323 orang.

Selanjutnya, pada masa perbaikan, jumlahnya berkurang 127 bakal celeg, sehingga jumlahnya menjadi 10.196 orang. Jumlah tersebut kemudian kembali berkurang 11 orang pada masa pencermatan rancangan DCS pada 6 sampai 11 Agustus 2023, sehingga menjadi 10.185 orang.

“Dari 10.185 orang ini, yang memenuhi syarat hanya 9.919 orang bacaleg, yang nanti kami akan umumkan pada 19 sampai dengan 23 Agustus 2023,” tutur Idham.

Idham merinci dari 9.919 bakal caleg yang memenuhi syarat di DCS, setidaknya ada 37,11 persennya perempuan. Dari total jumlah tersebut, ada 6.245 bakal caleg DPR laki-laki (62,89 persen) dan 3.674 jumlah bakal caleg DPR perempuan.

Sementara, masyarakat bisa memberikan masukan terhadap bakal caleg sementara mulai 19 hingga 28 Agustus 2023. Tanggapan tersebut bisa berbagai macam yang terkait dengan syarat pencalonan atau hal-hal menyangkut bacaleg yang bersangkutan.

Setelah itu, melalui tanggapan dan pencermatan masyarakat yang terakhir pada 28 Agustus 2023, KPU akan melakukan pencermatan caleg tetap.

Pengumuman final calon anggota DPR RI dan DPD akan diumumkan KPU pada 4 November 2023.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/_-OnLj0kmf4

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya