Jalan Merdeka Utara Kembali Ditutup Jelang Upacara Penurunan Bendera

Sejumlah warga lesehan di depan istana menonton upacara

Jakarta, IDN Times - Polisi Lalu Lintas (Polantas) menutup kembali Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat jelang prosesi penurunan bendera merah putih.

Sebagaimana diketahui, Jalan Medan Merdeka Utara merupakan jalur yang tepat berada di depan persis Istana Merdeka. Jalan Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Patung Kuda juga ditutup sementara.

Sebelumnya, jalan tersebut sempat dibuka setelah upacara pengibaran bendera pagi tadi. 

Pantauan IDN Times di lokasi, Masyarakat mulai memadati luar Istana Merdeka jelang prosesi penurunan bendera. Massa datang berasal dari berbagai arah sekitar Monas, di antaranya Patung Kuda, Harmoni, dan Masjid Istiqlal.

Kebanyakan dari mereka mengajak keluarganya untuk menyaksikan langsung peristiwa penting momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI tersebut. 

Masyarakat juga tampak lesehan di depan pagar Istana Merdeka. Mereka menunggu jalannya prosesi penurunan bendera sambil menikmati pertunjukan seni. Puluhan aparat kepolisian dan TNI mengawasi masyarakat agar tidak terlalu dekat dengan istana.

Akibat banyaknya masyarakat yang menyeberang dari arah monas ke depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara tersendat.

Salah satu masyarakat yang hadir di lokasi, Setyoadi (53) mengaku sengaja menyaksikan langsung prosesi penurunan bendera karena penasaran.

"Kita penasaran seperti apa, jarang kan soalnya bisa dekat Istana Merdeka seperti ini. Kalau nonton di TV doang beda rasanya," kata dia di lokasi kepada IDN Times.

Sebanyak 1.800 personel aparat kepolisian dikerahkan pada upacara penurunan bendera merah putih nanti sore. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin menjelaskan, Bendera Pusaka Merah Putih akan diarak kembali menuju ke Cawan Monas dari Istana Merdeka sekitar pukul 17.58 WIB.

“Sama kami 1.800 personel kita akan bertugas sampai dengan semua rangkaian selesai di Jakarta Pusat,” kata Komarudin, kepada wartawan, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga: Jelang Penurunan Bendera, Masyarakat Antusias Lesehan di Luar Istana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya