Jelang Penurunan Bendera, Masyarakat Antusias Lesehan di Luar Istana

Masyarakat duduk sambil menikmati pertunjukan seni

Jakarta, IDN Times - Masyarakat mulai memadati jalan di luar Istana Merdeka, Jakarta Pusat, menjelang upacara penurunan bendera yang digelar Kamis (17/8/2023) sore.

Pantauan IDN Times di lokasi, massa yang datang berasal dari berbagai arah sekitar Monas, di antaranya Patung Kuda, Harmoni, dan Masjid Istiqlal.

Sebagian besar warga datang bersama keluarga untuk menyaksikan langsung peristiwa penting momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI tersebut.

Masyarakat tampak lesehan di depan pagar Istana Merdeka, menunggu jalannya prosesi penurunan bendera sambil menikmati pertunjukan seni. Tampak pula sejumlah pedagang asongan berjualan.

Puluhan aparat kepolisian dan TNI mengawasi masyarakat agar tidak terlalu dekat dengan wilayah Istana Kepresidenan. Jalan Medan Merdeka Utara tersendat akibat banyaknya masyarakat yang menyeberang dari arah Monas ke depan Istana Merdeka.

Salah satu masyarakat yang hadir di lokasi, Setyoadi (53) mengaku sengaja menyaksikan langsung prosesi upacara penurunan bendera karena penasaran.

"Kita penasaran seperti apa, jarang kan soalnya bisa dekat Istana Merdeka seperti ini. Kalau nonton di TV doang beda rasanya," kata dia di lokasi kepada IDN Times.

Sebanyak 1.800 personel aparat kepolisian dikerahkan pada upacara penurunan bendera merah putih nanti sore.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin menjelaskan, Bendera Pusaka Merah Putih akan diarak kembali menuju Cawan Monas dari Istana Merdeka sekitar pukul 17.58 WIB.

“Sama kami 1.800 personil kita akan bertugas sampai dengan semua rangkaian selesai di Jakarta Pusat,” kata Komarudin, kepada wartawan, Kamis (17/8/2023).

Komarudin menjelaskan, upacara pengibaran bendera merah putih pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI berjalan sukses. Menurut dia, tidak ada kendala berarti yang terjadi selama rangkaian peringatan hari kemerdekaan tahun ini.

Hanya saja, ada beberapa pengalihan arus lalu lintas saat prosesi kirab budaya yang membawa bendera dari Cawan Monas ke Istana Merdeka.

“Alhamdulillah saat ini pukul 12 lewat upacara pengibaran selesai. Dilanjutkan lagi nanti sore, upacara penurunan. Dan sejauh ini tidak ditemukan ada kendala yang berarti,” tuturnya.

Baca Juga: Pasukan Upacara HUT ke-78 RI Mendadak Berjoget di Hadapan Jokowi

Baca Juga: TNI AU Pamer Manuver Udara di Atas Langit Istana Merdeka

Baca Juga: Jokowi Pastikan HUT ke-79 RI 2024 Digelar di IKN

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya