Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan RI ke Palestina Hari Ini

Bantuan dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina, Sabtu (4/11/2023), setelah beberapa pekan terjadi peperangan antara Hamas dengan Israel di jalur Gaza. 

Pantauan IDN Times di lokasi, sejumlah paket bantuan kemanusiaan dari berbagai lembaga maupun pemerintah dipersiapkan di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Terlihat pula dua pesawat Hercules A-1328 dan A-1327 yang dipakai untuk mengirimkan bantuan terparkir di Lanud Halim Perdanakusuma.

Rencananya, bantuan itu akan dilepas langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Baca Juga: Kitabisa Kumpulkan Dana Rp30 Miliar untuk Warga Palestina

1. Bantuan akan dikirimkan lewat Mesir

Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan RI ke Palestina Hari IniIndonesia kirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dari Landud Halim Perdanakusuma, Jakarta (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal, mengatakan bantuan tersebut asalnya tak cuma dari pemerintah, melainkan juga organisasi masyarakat di Indonesia.

"Yang sekarang kami masih lakukan adalah koordinasi intensif antara pemerintah Indonesia dengan wakil-wakil masyarakat dan lembaga kemanusiaan seperti PMI, lembaga zakat. Kami berkoordinasi untuk mengumpulkan bantuan untuk dikirim ke Gaza," kata Iqbal, dalam jumpa pers di Kemlu RI, Jakarta, Rabu, 1 November 2023.

Iqbal menuturkan, pemerintah juga masih berkoordinasi terkait berapa bantuan dan pesawat yang akan dikirim, hingga tahapan dalam pengirimannya.

Menurut Iqbal, bantuan kemanusiaan Indonesia ini hanya akan dikirimkan sampai ke Mesir. Sesampainya di Mesir, bantuan akan dikirim ke perbatasan Rafah, satu-satunya akses yang dibuka menuju dan dari Gaza.

"Nantinya bantuan itu akan diserahkan ke Bulan Sabit Merah Mesir, karena yang diberi wewenang membawa barang masuk hanya mereka. Setibanya di Gaza, akan diserahkan ke UNRWA (badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina)," tutur Iqbal.

2. PMI siapkan Rp2,9 miliar ke Gaza

Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan RI ke Palestina Hari IniIndonesia kirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dari Landud Halim Perdanakusuma, Jakarta (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI), Niniek Kun Naryatie, mengungkapkan PMI telah menyiapkan bantuan yang akan dikirim ke Gaza senilai Rp2,9 miliar.

"Saat ini bantuan tersebut sudah ada di PMI dan kami akan berkoordinasi dengan Kemlu terkait pengirimannya, apakah Jumat ke Halim Perdanakusuma. Kami mengirimkan keperluan Palang Merah Mesir, yang akan menyalurkan bantuan ini ke UNRWA untuk masyarakat ke Gaza," ucap Niniek.

Beberapa bantuan kemanusiaan yang akan dikirim adalah perlengkapan kesehatan, termasuk genset.

"Sampai saat ini kami masih menunggu persetujuan untuk mengirim tabung oksigen dari lembaga PBB, agar bisa lolos masuk ke Gaza," ujar Niniek.

Baca Juga: Makna dan Sejarah Slogan Pro Palestina, From The River to The Sea

3. Aliansi Kemanusiaan Indonesia kumpulkan Rp5 miliar, Baznas Rp10 miliar

Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan RI ke Palestina Hari IniAksi damai bela Palestina di Tugu Adipura, Bandar Lampung, Jumat (3/11/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sementara itu, Aliansi Kemanusiaan Indonesia yang merupakan wadah kolaborasi organisasi masyarakat sipil untuk urusan kemanusiaan di luar negeri, telah mengumpulkan dana Rp5 miliar, dari sekitar 20 lembaga kemanusiaan.

"Untuk periode pertamam dukungan kami melalui pemerintah, sekitar Rp2,5 miliar, terdiri dari makanan siap saji yang awet, selimut dan matras," kata perwakilan aliansi tersebut, Ali Yusuf.

Imdadun Rahmat dari Baznas juga menuturkan pihaknya telah mengumpulkan dana sektiar Rp10 miliar, yang semula ditargetkat Rp12 miliar. Bantuan yang akan diberikan berupa makanan, obat-obatan, perlengkapan mandi dan kebersihan, pakaian hangat, hingga selimut.

"Ini menunjukkan semangat solidaritas bangsa Indonesia terhadap Palestina besar sekali. Ini menjadi tanggung jawab kami juga untuk memastikan dana publik betul-betul bisa kami salurkan ke Gaza," kata Imdadun.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya