Comscore Tracker

Kader PDIP Jakarta Dukung 2 Tokoh Ini Maju Jadi Calon Gubernur DKI

Sepak terjang Gibran dan Risma jadi tolak ukur

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengaku banyak kadernya yang menginginkan agar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkap Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga yang mengatakan, suara akar rumput menginginkan kedua kader PDIP tersebut maju sebagai calon gubernur Ibu Kota.

Baca Juga: Bambang Pacul: Tugas Saya Bikin Gibran Menang di Pilgub!

1. Dukungan akar rumput PDIP mencuat seiring kondisi buruk di Jakarta

Kader PDIP Jakarta Dukung 2 Tokoh Ini Maju Jadi Calon Gubernur DKIMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Eriko menjelaskan, dukungan dari kader PDIP di Jakarta mulai terdengar setelah munculnya berbagai masalah yang belum tersentuh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Salah satu yang jadi sorotan adalah terkait kualitas udara di Jakarta yang semakin memburuk. Para kader PDIP meyakini, Gibran dan Risma mampu mengatasi masalah tersebut. Apalagi keduanya dianggap berhasil memajukan daerah yang dipimpinnya, yakni Solo dan Surabaya.

"Memang kelihatannya belakangan mulai mengerucut. Dari kader-kader kami mengerucut, ini bukan satu keputusan. Suara-suara itu menyampaikan dan yang paling ramai ke arah Mas Gibran dan Bu Risma untuk Jakarta," kata Eriko dalam diskusi Total Politik di Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022).

2. Bukan tidak mungkin Gibran dan Risma maju dalam Pilgub DKI

Kader PDIP Jakarta Dukung 2 Tokoh Ini Maju Jadi Calon Gubernur DKIWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Dia memastikan, usulan dari akar rumput PDIP bukan isapan jempol belaka. Mengingat PDIP mempersilakan bagi kadernya yang berprestasi untuk terus berkembang ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, kata Eriko, fenomena karier politik Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang mentereng.

"PDIP sendiri kan memang sudah membuktikan. Dari wali kota, kemudian gubernur dan capres yaitu Pak Presiden Joko Widodo. Kami pun tentu sama-sama memahami, secara khusus bagaimana kenaikan (prestasi dan kepemimpinan) itu terlihat nama khusus Mas Gibran, lantas apa yang salah, kan begitu," ujar Eriko.

"PDIP memberi kesempatan kepada kader-kader terbaik yang sebelumnya sudah teruji. Nah mengujinya di mana? Tentu di Kota Solo, bisa juga di Semarang, atau kota-kota lainnya," tutur dia.

3. Gibran didukung maju di Pilgub DKI

Kader PDIP Jakarta Dukung 2 Tokoh Ini Maju Jadi Calon Gubernur DKIGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membuka sedikit isi pertemuan dan santap siangnya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada 18 Juni 2022 lalu.

Salah satunya, kata Gibran, ia disarankan oleh Prabowo agar ikut maju dalam Pilkada 2024 sebagai calon gubernur. Prabowo sarankan Gibran untuk maju di pilkada DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Ada banyak (pesan dan wejangan), rahasia dan sifatnya tertutup. (Soal karier politik) pasti dong, ikut dibahas," ungkap Gibran ketika ditemui media di GO Sritex Arena, Solo, pada Minggu, 19 Juni 2022. 

"Disarankan untuk maju di salah satu provinsi (DKI Jakarta-Jateng). Salah satu provinsi saja (DKI Jakarta atau Jateng)," kata dia.

Selain bertemu dengan Prabowo, rupanya Gibran juga sempat menyambangi kediaman Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Di sana, juga terdapat putri Mega yakni Puan Maharani. 

Baca Juga: Gibran Didorong Prabowo-Mega Maju Pilgub 2024, ke DKI Jakarta?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya