Massa Buruh Demo di MK dan Istana, Ini 6 Poin Tuntutannya

Pendemo longmarch 8 hari dari Bandung menuju Jakarta

Jakarta, IDN Times - Para buruh akan menggelar demo di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023). Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan buruh yang akan turun ke jalan mencapai puluhan ribu.

Menurutnya, massa berasal dari empat konfederasi besar di Indonesia, yakni KSPI, KSPSI AGN, KPBI, KSBSI.

"Dihadiri juga 60 federasi tingkat nasional seperti FSPMI, SPN, FSPKEP, FSPTK, termasuk melibatkan Serikat Petani Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Demo di Gedung DPR, Honorer Banten Minta Diangkat Jadi PNS

1. Buruh menggelar longmarch dari Bandung menuju Jakarta

Massa Buruh Demo di MK dan Istana, Ini 6 Poin TuntutannyaBuruh demo di gedung DPR (IDN Times/Melani Hermalia Putri)

Sebelumnya, para buruh menggelar longmarch jalan kaki selama delapan hari dari Bandung menuju Jakarta. Aksi yang diinisiasi oleh Partai Buruh itu dimulai dari depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada 2 Agustus 2023 lalu. Sesuai rencana, mereka tiba di depan Gedung MK dan Istana Merdeka pada tanggal 9 Agustus 2023 dan akan disambut massa dari serikat buruh lainnya.

"Mereka menginap di kantor Exco Partai Buruh atau kantor serikat buruh, di Bandung Barat, Purwakarta, Karawang, Bekasi, dan Jakarta," jelas Said Iqbal.

"Kemarin malam rombongan sudah memasuki DKI Jakarta dan menginap di Kantor Exco DKI Jakarta di Jakarta Timur. Tadi pagi sudah melanjutkan perjalanan menuju Posko Orange di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sebelum kemudian tanggal 9 Agustus melanjutkan perjalanan ke Gedung MK dan Istana," lanjut dia.

Baca Juga: Partai Buruh Tuntut Kenaikan Upah 15 Persen di Tahun 2024

2. Puluhan ribu buruh yang demo berasal dari berbagai daerah

Massa Buruh Demo di MK dan Istana, Ini 6 Poin TuntutannyaPresiden KSPI, Said Iqbal dalam demo buruh tolak kenaikan harga BBM di depan Gedung DPR/MPR RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Said Iqbal mengungkapkan, puluhan ribu buruh yang akan demo itu berasal dari sejumlah daerah. Titik kumpul aksi berada di Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka kumpul di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Puluhan ribu buruh yang akan menyambut rombongan longmarch berasal dari tiga provinsi. DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten," tutur dia.

3. Buruh bawa sejumlah tuntutan

Massa Buruh Demo di MK dan Istana, Ini 6 Poin TuntutannyaDemo buruh di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Said Iqbal juga memaparkan tuntutan yang disuarakan dalam aksi tersebut. Setidaknya, ada enam isu yang menjadi aspirasi demonstran.

  • Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja.
  • Naikkan upah 2024 sebesar 15 persen.
  • Cabut presidential threshold 20 persen menjadi 0 persen. 
  • Revisi parlimanentary threshold 4 persen.
  • Cabut UU Kesehatan. 
  • Wujudkan Jaminan sosial JS3H, reforma agraria, dan kedaulatan pangan.

Baca Juga: Buruh Minta UMP 2024 Naik 15 Persen, Wamenaker: Bisa Saja tapi... 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya