Mendagri: Pj Gubernur DKI Heru Berpeluang Diganti, Tergantung Evaluasi

Masa jabatan Pj Gurbenur DKI Jakarta hanya setahun

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, memastikan bahwa Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bakal dievaluasi setiap tiga bulan.

Dia menjelaskan, Heru belum tentu menjabat hingga Pilkada DKI Jakarta 2024. Mengingat penjabat kepala daerah dipilih untuk melaksanakan tugas per satu tahun.

“Kami nanti akan evaluasi per tiga bulan. Setelah satu tahun, bisa diteruskan oleh orang yang sama atau orang yang berbeda tergantung dari hasil evaluasi,” kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Anies Duduk Semeja dengan Surya Paloh, JK, SBY, AHY dan Syaikhu

1. Mendagri berharap Heru amanah jalankan tugas sebagai Pj Gubernur DKI

Mendagri: Pj Gubernur DKI Heru Berpeluang Diganti, Tergantung EvaluasiPelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta, Pj Bupati Yapen, dan Pj Bupati Tolikara oleh Mendagri Tito Karnavian (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Tito berharap Heru bisa amanah dalam menjalankan jabatan barunya sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. Terlebih, Heru juga punya pengalaman mengabdi di Pemprov DKI Jakarta, sebelum menjadi Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

“Kepercayaan dari pimpinan negara, pemerintah, saya harapkan dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya,” kata Tito.

Baca Juga: Heru Datang Temui Anies di Balai Kota DKI, Bahas Apa?

2. Heru Budi dilantik sebagai Pj Gubernur DKI

Mendagri: Pj Gubernur DKI Heru Berpeluang Diganti, Tergantung EvaluasiMomen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Tito memastikan pelantikan Pj Gurbenur DKI Jakarta sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) yang juga mengatur tentang pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Keppres 100/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan Tahun 2017-2022, dan pengangkatan Penjabat Gubenur DKI Jakarta," kata Tito.

Baca Juga: Gantikan Anies, Heru Budi Janji Akan Blusukan Tiap Hari Usai Dilantik

3. Pimpin DKI Jakarta bukan perkara yang mudah

Mendagri: Pj Gubernur DKI Heru Berpeluang Diganti, Tergantung EvaluasiMendagri Tito Karnavian bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Riza Patria (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain itu, Tito juga mengucapkan terima kasih kepada Anies Baswedan dan Riza Patria yang purnatugas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dia menilai, berdasarkan pengalamannya sebagai Kapolda Metro Jaya, memimpin ibu kota sangat sulit.

"Saya kira, saya pernah lama dinas di Jakarta termasuk di Kapolda Metro Jaya, tidak ringan permasalahan di Jakarta, sangat-sangat kompleks sekali , tapi bapak (Anies dan Riza) alhamdulilah bisa menyelesaikannya," tutur dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya