Mengungkap Sisi Lain Prabowo yang Mendadak Ramah Jelang Pilpres 2024

Koordinator Relawan Prabowo, Fauzi Baadila, blak-blakan

Jakarta, IDN Times - Sosok Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menjadi salah satu figur bakal calon presiden (bacapres) yang potensial pada Pilpres 2024.

Prabowo tercatat sudah ikut meramaikan pilpres tiga kali. Pada Pilpres 2009 dia maju sebagai cawapres. Kemudian dia maju sebagai capres pada Pilpres 2014 dan 2019.

Namun yang menjadi sorotan, Prabowo kini merubah citranya menjadi sosok yang lembut jelang Pilpres 2024. Padahal, sebelumnya citra pria kelahiran 17 Oktober 1951 itu dikenal erat dengan sosok yang keras dan tegas.

Prabowo juga sempat buka suara terkait persepsi publik yang menilai sosoknya punya sifat keras dan menyeramkan. Hal tersebut diakui Prabowo saat menghadiri acara Mata Najwa yang tayang di kanal YouTube.

Dia mengatakan, di balik penilaian orang tentang dirinya yang tegas, dia merupakan sosok yang lembut. Awalnya dalam kesempatan itu, Prabowo diminta menanggapi persepsi masyarakat tentang dirinya yang lekat dengan kesan keras dan menyeramkan.

"Jadi mungkin persepsinya Prabowo itu keras, Prabowo itu seram. Kan, saya gak serem sekarang, ya kan?" ujar Prabowo, menjawab pertanyaan Najwa, seraya disambut riuh penonton.

"Iya, gak seram. Sangat lembut," sambung mantan Danjen Kopassus itu.

Lebih lanjut, Prabowo juga memaklumi persepsi yang tumbuh di masyarakat. Dia mengatakan, kehidupan sebagai prajurit TNI barangkali membuatnya terlihat tegas dan keras, namun ia memastikan hal itu tidak sepenuhnya mewakili karakternya.

"Bagaimana pun, riwayat saya kan sebagai prajurit, tentara. Prajurit itu, tentara itu, hidupnya keras. Saya apalagi lama sekali di pasukan tempur," tutur dia.

Selain itu, Prabowo mengungkapkan dirinya merupakan orang yang mudah tertawa dan terharu. Dia mengaku bisa tepingkal-pingkal dengan humor sekecil atau sereceh apa pun.

"Saya juga ini orang yang cepat terharu, terus terang saja. Kalau saya lihat sesuatu yang membanggakan, kalau saya ingat anak buah saya yang gugur. Saya hanya satu, saya tidak suka lihat penderitaan," ucap dia.

Lantas, bagiamana pandangan sosok Prabowo yang mendadak lemah lembut jelang Pilpres 2024, apakah sifat tersebut demi meraup elektoral dari kalangan anak muda sebagai pemilih mayoritas?

Simak selengkapnya, wawancara khusus IDN Times dengan Koordinator Relawan Prabowo Subianto, Fauzi Baadila, yang mengungkap sosok Prabowo Subianto sebenarnya.

Apakah ada mandat khusus dari Prabowo ke relawan terkait potensi polarisasi?

Mengungkap Sisi Lain Prabowo yang Mendadak Ramah Jelang Pilpres 2024Koordinator Tim Relawan Pendukung Prabowo Subianto, Fauzi Baadila (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mandat yang diberikan adalah nantinya 2024, pemilih warga negara Indonesia nih semua harus dalam keadaan sejuk, jangan sampai overheat kayak 2019, 2024 kita harus tenang damai, rukun, jangan sampai ada keretakan, perpecahan itu yang yang Pak Prabowo pesankan ke saya waktu itu.

Jadi untuk keputusan-keputusan di atas saya kira bukan area saya untuk ikut campur, tugas saya adalah membawa pesan damai.

Sebagai koordinator relawan mendorong kemenangan, melihat Prabowo berharap bisa duet dengan Ganjar bagaimana?

Sebagai tim koordinator mendorong agar adanya kemenangan ke Prabowo, melihat Prabowo sendiri berharap bisa dengan Pak Ganjar, dari relawannya bagaimana untuk gaet suara?

Itu bukan area saya, kita tahu di Indonesia dinamis banget, sangat cair dan itu semua bisa berubah. Jadi kalau saya keluarkan statement dan ternyata itu salah kan juga gak baik kan.

Makanya yang saya harus pastikan bahwa kita semua gak usah terlalu emosi atau terlalu baper, santai saja. Yang penting kita tetap damai, jangan sampai gara-gara pilpres, gara-gara pemilu, kita, rakyat jadi retak.

Branding Prabowo di 2024 akan mengarah seperti apa? Mengingat mayoritas pemilih di 2024 gen z dan milenial, apakah akan tetap mengedepankan latar belakang militer?

Mengungkap Sisi Lain Prabowo yang Mendadak Ramah Jelang Pilpres 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Saya kira branding-nya adalah atau imagenya adalah memang Pak Prabowo itu pemersatu, dan dia sudah menyatakan di pidatonya saat itu bahwa kita tetap harus rukun. Jadi imagenya adalah simbol damai.

Dan itu, kedamaian itu memang sudah mutlak. Jadi kita juga ketua relawan dan bersama tim, sudah menegaskan, dan kita juga sudah deklarasi bahwa perintah Pak Prabowo agar tetap damai apapun itu. Jadi imagenya ya adalah Pak Prabowo sebagai simbol damai.

Jelang 2024 citra Prabowo berubah menjadi lembut, itu memang sengaja sudah dipersiapkan sebagai strategi?

Jadi begini, kalau menurut saya pribadi bahwa terkadang yang tampak di luar, belum tentu sama seperti yang di dalam. Banyak orang yang misalnya kelihatanya, A tapi sebenarnya hatinya B.

Jadi ya kita kali ini ngejelasin bahwa walaupun image-image itu kelihatannya tegas atau terlalu seolah keras, itu sebetulnya sih memang kayak framing-framing yang salah.

Toh, masyarakat juga tahu sebetulnya setelah sekian lama mengenal Pak Prabowo, Pak Prabowo sebenarnya orangnya asyik-asyik saja. Dan orangnya juga sebenarnya santai, cuman mungkin karena dia sering di lingkungan yang serius, jadi kebawa serius. Tapi di saat Pak Prabowo ketemu sama anak-anak muda dia bisa woles (santai) kok, santai-santai saja.

Saya pernah ngobrol bertiga, dia malah, kalau buat saya waktu itu, dia sebetulnya kayak ibaratnya jiwanya sama kayak saya. Cuma dia lebih tua saja, itu kan yang kadang-kadang kesan yang tercipta itu kan suka beda sama aslinya, jadi kita mau ngebenerin itu saja, ngelurusin.

Berarti yakin di 2024 bisa gaet suara milenial dan gen z, dengan gaya komunikasi Prabowo saat ini?

Mengungkap Sisi Lain Prabowo yang Mendadak Ramah Jelang Pilpres 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Insyaallah, percaya diri dan Pak Prabowo juga sudah buktikan dengan banyak dia diwawancara, di beberapa tayangan, sebenarnya aslinya, tergantung orang sekitarnya.

Kalau orang sekitarnya asyik dia juga asyik. Cuma karena ya itu tadi, karena sebelumnya dia di lingkungan yang mungkin mengharuskan dia formil, ya jadi terbawa formil. Dan yang di-framingnya bagian itu terus. Tapi kalau sekitarnya santai, dia bisa lebih santai, bahkan.

Berarti memang sebenarnya secara natural Prabowo itu sosok yang lembut?

Aslinya sama saja kayak kita, cuma dia umurnya kan memang lebih tua. Dia kan bereaksi pada lingkungannya, ya. Kalau lingkungannya asyik, ya asyik, kalau lingkungannya agak serius, ya dia serius. Dia sih menyamakan frekuensi, kalau yang saya lihat secara pribadi, ya.

Saya pernah ngobrol beberapa kali, satu ruangan cuma berempat. Kalian gak bakal percaya, bahwa sesantai apa Pak Prabowo. Dia sempat tanya 'eh lu, lu kan yang main film kan? Gimana main film apalagi?' Dia bisa berkomunikasi sesantai itu orangnya.

Cuma kadang kalau acara kenegaraan kan masa harus santai. Kalau acara kenegaraan ya harus kelihatan berwibawa, tegas. Di dalam aslinya santai kok, jadi kita mau luruskan itu.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/rI7latq0oV0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya