Menteri Berprestasi, Duet Prabowo-Erick Thohir Potensial pada 2024

PAN dorong duet Prabowo dan Erick Thohir

Jakarta, IDN Times - Setelah PAN memutuskan bergabung sebagai koalisi pendukung Prabowo Subianto sebagai capres, nama Menteri BUMN, Erick Thohir digadang-gadang potensial mengisi jabatan sebagai cawapres mendampingi Prabowo.

Pengamat Politik dari Universitas Brawijaya, Anang Sujoko, menilai, peluang menang Prabowo dan Erick Thohir terbuka pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Presiden PKS Beri Sinyal Dukung Pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024

1. Prabowo dan Erick Thohir salah satu menteri yang menonjol

Menteri Berprestasi, Duet Prabowo-Erick Thohir Potensial pada 2024(Instagram/Prabowo)

Anang menilai, hal itu lantaran Prabowo dan Erick Thohir sama-sama merupakan menteri yang menonjol dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Erick Thohir yang menjadi pemimpin di Kementrian BUMN sekaligus PSSI ini berhasil meningkatkan popularitasnya. Sementara Prabowo yang juga berhasil menjadi pemimpin di Kementerian Pertahanan, kinerjanya banyak diapresiasi oleh publik. Ia berhasil membuat gebrakan dengan menyekolahkan para taruna muda TNI tiga matra ke Amerika Serikat.

Selain itu, beberapa alutsista yang didatangkan Prabowo juga memperkuat lini pertahanan Indonesia.

Anang menuturkan, rekam jejak yang dimiliki keduannya membuktikan bahwa Prabowo dan Erick Thohir diperhitungkan untuk Pilpres 2024. Terlebih keduanya memiliki ceruk pemilih dengan massa yang besar.

"Pasangan Prabowo-Erick ini punya background masing-masing menjadi menteri, ada banyak prestasi yang ditimbulkan dan dilihat oleh publik," tutur dia dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Izin ke Parpol Koalisi Prabowo untuk Maju Cawapres

2. Prabowo dan Erick Thohir saling melengkapi

Menteri Berprestasi, Duet Prabowo-Erick Thohir Potensial pada 2024(dok. Humas Prabowo)

Di sisi lain, Anang juga memandang kedua figur yang dekat dengan Jokowi itu punya kemampuan yang saling melengkapi.

"Ada kecocokan bagi calon pasangan Prabowo-Erick Thohir, ini ada analisis saya berdasarkan keduanya, yaitu memiliki skill (kemampuan) yang saling mengisi," jelas dia.

Baca Juga: Kirana Larasati Mundur dari PDIP, Bakal Dukung Prabowo?

3. Dukung Prabowo sebagai capres, PAN dorong Erick Thohir jadi cawapres

Menteri Berprestasi, Duet Prabowo-Erick Thohir Potensial pada 2024Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan bersama petinggi PAN dan kader PAN mendaftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Partai Golkar dan PAN telah resmi mendukung Prabowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Dukungan ini dideklarasikan pada Minggu (13/8/2023) oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Dengan dukungan dari 2 partai besar ini, maka total ada 4 partai yang sudah resmi mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden pada 2024 mendatang.

Terkait dukungan ini, Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, kepada IDN Times mengatakan, mendukung Prabowo karena yakin Menteri Pertahanan itu akan menang. Berdasarkan data-data yang dimiliki, termasuk hasil berdiskusi dengan lembaga-lembaga survei, memperlihatkan dukungan untuk Prabowo menjadi presiden semakin kuat.

"PAN ingin berkontribusi menambah dukungan bagi Prabowo," ujar Zulhas kepada IDN Times, Minggu malam.

Mengenai calon wakil presiden untuk Prabowo, Zulhas mengatakan, tetap mendukung Erick Thohir dan ingin meyakinkan Prabowo agar memilih Erick sebagai cawapresnya.

"Tapi kami memahami di sini ada Muhaimin dari PKB dan Airlangga dari Golkar, jadi berpulang kepada Prabowo nanti menentukan siapa cawapresnya," ujar Menteri Perdagangan tersebut.

Menurut Zulhas, pihaknya ingin Erick jadi cawapres Prabowo karena tidak terikat dengan partai politik mana pun dan sudah dianggap sebagai bagian dari PAN.

"Kami optimistis Erick Thohir akan diterima semua pihak," ujar Zulhas.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Puan Yakin Jokowi Tak Ikut Campur soal 'Koalisi Gemuk' Prabowo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya