Meski Rangkap Banyak Jabatan, Erick Thohir Tetap Disukai Anak Muda

Gaya kerja Erick Thohir cocok dengan anak muda

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, menilai Menteri BUMN Erick Thohir berhasil menarik perhatian anak muda jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu lantaran Erick berhasil membangun citra positif di kalangan anak muda meski Erick Thohir banyak rangkap jabatan. Adib menuturkan, banyak anak muda menggandrungi Erick Thohir karena berbagai tugas dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo berhasil diemban dengan baik.

Baca Juga: Erick Thohir Cawapres Kompetitif Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

1. Erick Thohir dinilai berhasil emban berbagai tugas dari Jokowi

Meski Rangkap Banyak Jabatan, Erick Thohir Tetap Disukai Anak MudaPresiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan), Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ketiga kiri), dan Menpora Dito Ariotedho (keempat kiri) menyaksikan laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Erick tercatat sukses menghadirkan transformasi di tubuh Kementerian BUMN. Anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) tersebut juga menjadi ketua penanganan saat pandemi COVID-19, hingga menjadi Ketua Umum PSSI di tengah sepak bola Indonesia yang terancam mendapat sanksi berat dari FIFA.

Dia menuturkan, posisi Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI tidak lantas mengendurkan kinerjanya di BUMN.

"Justru keduanya mampu maju berjalan seiringan dengan keberhasian meraih banyak prestasi gemilang. erickDia rangkap jabatan tapi dia bisa membuktikan bahwa itu bisa menjadi sebuah jalan keluar, dia punya solusi. Menteri BUMN, Ketum PSSI, ngurusin bola basket,” ungkap Adib dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: Gebrakan di PSSI Modal Erick Thohir Maju Jadi Cawapres Pemilu 2024

2. Gaya komunikasi dan kerja Erick Thohir cocok dengan anak muda

Meski Rangkap Banyak Jabatan, Erick Thohir Tetap Disukai Anak Mudailustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Erick Thohir pun dinilai digandrungi kalangan anak muda lantaran dinilai gaya komunikasinya. Tak hanya itu, ritme kerja dan kinerja Erick juga yang cocok dengan kepentingan masyarakat, khususnya anak muda.

“Kalau kata anak sekarang itu Erick Thohir sat set, cepat kerjanya,” ucap dia.

3. Dukung Prabowo sebagai capres, PAN dorong Erick Thohir jadi cawapres

Meski Rangkap Banyak Jabatan, Erick Thohir Tetap Disukai Anak MudaMenteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sementara itu, Partai Golkar dan PAN telah resmi mendukung Prabowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Dukungan ini dideklarasikan pada Minggu (13/8/2023) oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Dengan dukungan dari dua partai besar ini, maka total ada 4 partai yang sudah resmi mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden pada 2024 mendatang.

Terkait dukungan ini, Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, kepada IDN Times mengatakan, mendukung Prabowo karena yakin Menteri Pertahanan itu akan menang. Berdasarkan data-data yang dimiliki, termasuk hasil berdiskusi dengan lembaga-lembaga survei, memperlihatkan dukungan untuk Prabowo menjadi presiden semakin kuat.

"PAN ingin berkontribusi menambah dukungan bagi Prabowo," ujar Zulhas kepada IDN Times, Minggu malam.

Mengenai calon wakil presiden untuk Prabowo, Zulhas mengatakan, tetap mendukung Erick Thohir dan ingin meyakinkan Prabowo agar memilih Erick sebagai cawapresnya.

"Tapi kami memahami di sini ada Muhaimin dari PKB dan Airlangga dari Golkar, jadi berpulang kepada Prabowo nanti menentukan siapa cawapresnya," ujar Menteri Perdagangan tersebut.

Menurut Zulhas, pihaknya ingin Erick jadi cawapres Prabowo karena tidak terikat dengan partai politik mana pun dan sudah dianggap sebagai bagian dari PAN.

"Kami optimistis Erick Thohir akan diterima semua pihak," ujar Zulhas.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Erick Thohir Tetapkan Wakapolri Jadi Wakil Komisaris Utama PT Pindad 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya