Momen Sepatu Paskibraka Pembawa Baki  Bendera Lepas di Istana Merdeka

Lilly tetap profesional menyelesaikan tugasnya

Jakarta, IDN Times - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tim Indonesia Maju berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).

Namun, ada momen unik usai pengibaran bendera. Sepatu Paskibraka pembawa baki bendera, Lilly Indriani Suparman Wenda, terlihat lepas.

Peristiwa itu terlihat jelas saat Lilly berjalan selesai pengibaran Bendera Merah putih. Kendati begitu, Lilly tetap profesional menyelesaikan tugasnya.

Paskibraka perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan tersebut tampak tenang melanjutkan tugasnya, meski hanya dengan satu sepatu.

Sebagaimana diketahui, anggota Paskibraka yang bertugas hari ini total ada 38 orang. Anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih bernama Tim Indonesia Maju.

Pembawa baki bendera berasal dari Provinsi Papua Pegunungan bernama
Lilly Indriani Suparman Wenda. Lili bersekolah di SMAN 1 Wamena. Sebelum pengibaran bendera, Lily terlebih dahulu naik tangga mendekati podium Presiden Jokowi untuk mengambil duplikat Bendera Pusaka Merah Putih. Setelah itu, Jokowi menyerahkannya.

Adapun Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera yakni, Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Barat.

"Kepada sang Merah Putih, hormat senjata, grak," ucap Komandan Upacara yang memulai komando untuk pengibaran sang Merah Putih.

Proses pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung lancar dan hikmat. Pukul 10.33 WIB, tim pengibar bendera tampak gagah membentangkan sang Merah Putih dan mengibarkan dengan sempurna. Saat pengibaran Bendera Merah Putih, pejabat negara yang hadir pun ikut berdiri dan memberi hormat.

Sementara itu, Paskibraka yang bertugas sebagai penurun bendera pada sore hari bernama Tim Pancasila Sakti. Jumlah total anggota Paskibraka Nasional 68 orang.

Jumlah tersebut dibagi menjadi 2 tim, yakni pengibar dan penurun bendera. Masing-masing tim berjumlah 38 orang.

Baca Juga: Pasukan Upacara HUT ke-78 RI Mendadak Berjoget di Hadapan Jokowi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya