PAN Ingatkan Peran Penting Pesantren Tingkatkan Kualitas SDM

Pesantren dinilai bisa tekan berbagai masalah sosial

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) menilai pesantren jadi salah satu lembaga yang punya andil besar, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengatakan, pesantren punya peran untuk melakukan kontrol sosial masyarakat.

Baca Juga: Santri Ganjar Bantu Bahan Bangunan untuk Sekolah Terbakar di Sergai

1. Pesantren dinilai bisa jadi solusi masalah sosial

PAN Ingatkan Peran Penting Pesantren Tingkatkan Kualitas SDMIlustrasi suasana di pondok pesantren (IDN Times/Galih Persiana)

Yandri menjelaskan, pesantren dapat memberi solusi dari berbagai persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya, maraknya kejahatan dan kenakalan yang kerap dilakukan anak muda.

“Karena di tengah hiruk pikuk kegalauan masyarakat, seperti maraknya narkoba, minuman keras, tawuran, dan penyakit sosial lainnya, pesantren ikut memberi solusi,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (23/7/2023).

Baca Juga: Bermalam di Al-Zaytun, Melihat Lebih Dekat Pesantren Terbesar se-ASEAN

2. Pesantren dinilai bisa selesaikan masalah kebodohan dan kemiskinan

PAN Ingatkan Peran Penting Pesantren Tingkatkan Kualitas SDMIlustrasi kemiskinan (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Oleh sebabnya, Yandri mengklaim, PAN berkomitmen memberdayakan pesantren sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM ke depan.

Menurut Yandri, pihaknya melihat potensi pesantren sangat besar. Dia mengatakan, pesantren lebih dari sekadar tempat belajar ilmu agama, namun dapat membantu secara ekonomi kepada sesama.

“Kebanyakan dari mereka beralasan, susah pak, kami mau ngaji bagaimana, mau makan aja susah, jadi kalau diberdayakan ekonominya, insyaallah menyelesaikan kebodohan dan kemiskinan,” ucap dia.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] 15 Potret Ponpes Al-Zaytun, Rumah Bagi Ribuan Santri

3. Jaringan luas bisa berdayakan pesantren

PAN Ingatkan Peran Penting Pesantren Tingkatkan Kualitas SDMIlustrasi santri di pondok pesantren. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Yandri menuturkan, salah satu upaya memberdayakan santri ialah dengan menggandeng Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN). Jaringan yang luas dinilai bisa dimanfaatkan untuk memberdayakan pesantren.

“Karena kefakiran itu akan mendekati kekafiran," tutur Yandri.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya