Panglima TNI Luncurkan Buku Perang Rusia-Ukraina Perspektif Intelijen

Diharapkan bisa jadi refrensi bagi penyelenggara negara

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meluncurkan buku berjudul 'Perang Rusia vs Ukraina: Dalam Persepsi Intelijen Strategi'.

Adapun buku tersebut berisi mengenai kumpulan analisis intelijen strategis terkait konflik Rusia dan Ukraina.

Baca Juga: Gelar Latihan Gabungan, Panglima TNI: Kami Siap Perang

1. Sumbangsih TNI kepada bangsa

Panglima TNI Luncurkan Buku Perang Rusia-Ukraina Perspektif IntelijenPanglima TNI Laksamana Yudo Margono meluncurkan buku berjudul 'Perang Rusia vs Ukraina: Dalam Persepsi Intelijen Strategi' (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dia menjelaskan, kajian tersebut merupakan analisis intelijen dalam menanggapi situasi global saat ini, khusunya dampak akibat perang Rusia dan Ukraina.

Penulisan buku ini juga diinisiasi oleh Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, yang menilai perang Rusia dan Ukraina menjadi isu global yang mendominasi saat ini.

"Peluncuran buku perang Rusia Vs Ukraina menjadi sumbangsih TNI kepada bangsa," kata Yudo di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: Viral TNI AU Turunkan Baliho Prabowo Subianto di Lahan Milik Militer

2. Buku Perang Rusia dan Ukraina bisa jadi refrensi bagi penyelanggara negara

Panglima TNI Luncurkan Buku Perang Rusia-Ukraina Perspektif IntelijenPanglima TNI Laksamana Yudo Margono meluncurkan buku berjudul 'Perang Rusia vs Ukraina: Dalam Persepsi Intelijen Strategi' (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, buku ini disebut menjadi refrensi bagi penyelenggara negara dalam menentukan arah kebijakan politik, pertahanan, dan keamanan nasional.

Buku 'Perang Rusia vs Ukraina: Dalam Persepsi Intelijen Strategi' juga membahas mengenai langkah intelijen melalui tahapan pengumpulan, analisis, dan evaluasi informasi dari berbagai sumber.

Secara metodologis, buku ini terdiri dari pengantar yang berisi sejarah konflik, narasi profil, dan kekekuatan Rusia serta Ukraina. Di bagian selanjutnya adalah isi yang terdiri dari fase konflik, front terkait, dampak, teknologi, dan profil pimpinan.

Pada bagian penutup, berisi ramalan dan skenario berikutnya yang berpotensi akan terjadi.

"Semoga perang Rusia-Ukraina segera berakhir dan kondisi global kembali membaik," jelas Yudo.

Baca Juga: Viral Panglima TNI Minta Panji Gumilang Dihukum Mati, Begini Faktanya

3. Perang Rusia-Ukraina mengajarkan bagaimana informasi dapat dianalisis

Panglima TNI Luncurkan Buku Perang Rusia-Ukraina Perspektif IntelijenSeorang anggota tentara Rusia terlihat dalam kendaraan bersenjata BTR-82 saat latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Rabu (26/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Sergey Pivovarov/File Photo.

Yudo menilai, perang Rusia-Ukraina mengajarkan tentang bagaimana berbagai informasi dapat dianalisis dengan tepat menjadi data intelijen dan pengetahuan yang berguna dalam pengambilan keputusan strategis.

"Pengetahuan yang akurat dalam dinamika konflik, motivasi pihak yang terlibat dan perkembangan terkini sangatlah krusial untuk memahami potensi eskalasi dan prediksi kondisi guna mangantisipasi ancaman yang lebih luas," tutur dia.

Menurut mantan KASAU itu, dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Oleh karenanya, pengetahuan menjadi modal dasar yang bisa dimanfaatkan dalam upaya membuat kebijakan.

"Saya berharap pengetahuan yang disajikan dalam ulasan-ulasan, analisis dan sintesa di dalam buku ini dapat bermanfaat guna menjadi bahan acuan dan pembelajaran bagi segenap bangsa Indonesia," ucap Yudo.

Baca Juga: PBB Desak Rusia Kembali Sepakati Butir Laut Hitam

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya